KULTUR SEKOLAH DI SMK NEGERI 2 KASIHAN BANTUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kultur sekolah di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul DIY yang meliputi: nilai, artifak, tenaga pendidik, interaksi dan simbol yang berkaitan dengan pembentukan kultur sekolah serta penerapan pendidikan seni musik.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, tenaga pendidik, dan siswa, dengan pertimbangan individu yang terlibat secara langsung dalam proses terbentuknya kultur. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan cara deskriptif kualitatif, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa; (1) Nilai-nilai (values), yang menjadi landasan warga sekolah berperilaku, berinteraksi, dan berkomunikasi adalah terumuskan dalam visi dan misi sekolah (terkandung). Dalam menjalankan misi dan memperjuangkan visi, seluruh warga SMK N 2 kasihan menjunjung tinggi nilai – nilai; (a) Agama, Sikap melaksanakan dan menghormati nilai agama dalam pelaksanaan tugas sehari-hari. (b) Berbudaya, Menjunjung budaya adiluhung daerah sebagai warga Negara Republik Indonesia yang sopan dan santun dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. (c) Musyawarah dan mufakat, Musyawarah dan mufakat dalam memutuskan semua permasalahan serta mengedepankan rasa kebersamaan seluruh warga sekolah. (d) Tanggap, Memiliki kecenderungan berfikir dan bertindak ke arah membangun. (e) Prinsip Koordinasi, Integrasi dan Harmonis, Dalam pelaksanaan tugas sehari – hari pada unit masing-masing senantiasa ada koordinasi, integrasi dan sinkronisasi baik kedalam maupun keluar lingkungan sekolah untuk kelancaran tugas-tugasnya. (2) Artifak dan simbol-simbol; alat musik klasik komplit dan bangunan sekolah dihias, didekorasi, dan dirawat. (3) Keyakinan agama secara tidak disadari dan alami dimiliki oleh setiap warga sekolah. Singkronisasi antara artifak, nilai-nilai, dan keyakinan tersebut membentuk kultur sekolah yang ideal dikembangkan dan diperhatikan dalam disiplin ilmu sehingga menghasilkan kultur sekolah yang posisitif serta menghasilkan output berprestasi.
Kata KunciKultur Sekolah, SMK, Bantul, DIY
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v4i1.1348
Refbacks
- There are currently no refbacks.