STRATEGI PENINGKATAN KUALITAS SEKOLAH DI SMP NEGERI I EROMOKO WONOGIRI
Abstract
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi peningkatan kualitas sekolah serta
tantangan dan solusi di SMP Negeri I Eromoko Wonogiri. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif.
Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yaitu
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data analisis melalui Interactive Model. Adapun keabsahan
data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
strategi peningkatan kualitas di SMP Negeri I Eromoko Wonogiri meliputi (1) Bimbingan khusus
melalui pemantapan materi UN, tutor sebaya, klinis dan uji coba UN; (2) Intensifikasi kelas unggulan
dengan proses pembelajaran bilingual dilengkapi ICT; (3) Menjalin kerja sama dengan SMA lain,
lembaga pendidikan GCC, dan universitas; (4) Meningkatkan kualifikasi dan relevansi SDM dengan
studi lanjut; (5) Pembuatan dan pelaksanaan RKS yang realistis, aplikatif, dan akuntabel; (6)
Peningkatan frekuensi, teknik, materi, instrumen penilaian yang dilakukan secara periodik.
Tantangannya berupa sarana dan prasarana yang masih kurang, kondisi anak yang heterogen,
kedisiplinan siswa yang masih kurang, sumber dana hanya dari pemerintah, dan perkembangan
IPTEK. Solusinya siswa dan guru dibebaskan mencari sumber belajar lain, mengefektifkan layanan
BK, home visit, dan menyusun anggaran sesuai dengan kebutuhan yang lebih urgent.
Kata kunci: kualitas sekolah, strategi, tantangan.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi peningkatan kualitas sekolah serta
tantangan dan solusi di SMP Negeri I Eromoko Wonogiri. Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif.
Subjek dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yaitu
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data analisis melalui Interactive Model. Adapun keabsahan
data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
strategi peningkatan kualitas di SMP Negeri I Eromoko Wonogiri meliputi (1) Bimbingan khusus
melalui pemantapan materi UN, tutor sebaya, klinis dan uji coba UN; (2) Intensifikasi kelas unggulan
dengan proses pembelajaran bilingual dilengkapi ICT; (3) Menjalin kerja sama dengan SMA lain,
lembaga pendidikan GCC, dan universitas; (4) Meningkatkan kualifikasi dan relevansi SDM dengan
studi lanjut; (5) Pembuatan dan pelaksanaan RKS yang realistis, aplikatif, dan akuntabel; (6)
Peningkatan frekuensi, teknik, materi, instrumen penilaian yang dilakukan secara periodik.
Tantangannya berupa sarana dan prasarana yang masih kurang, kondisi anak yang heterogen,
kedisiplinan siswa yang masih kurang, sumber dana hanya dari pemerintah, dan perkembangan
IPTEK. Solusinya siswa dan guru dibebaskan mencari sumber belajar lain, mengefektifkan layanan
BK, home visit, dan menyusun anggaran sesuai dengan kebutuhan yang lebih urgent.
Kata kunci: kualitas sekolah, strategi, tantangan.
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.21831/sakp.v6i6.10114
Refbacks
- There are currently no refbacks.