Menguasai Prinsip-Prinsip dan Prosedur Penggunaan Metode Mengajar Di SMAN 15 Muaro Jambi

Oren Satipa Mulia, Universitas Jambi, Indonesia
Safitri Safitri, Universitas Jambi, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi strategi pembelajaran fisika yang efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa di SMA N 15 Muaro Jambi. Latar belakang penelitian ini didasari oleh tantangan yang dihadapi dalam pembelajaran fisika, terutama dalam mengakomodasi berbagai gaya belajar siswa serta mengoptimalkan penggunaan laboratorium dan alat peraga. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi langsung, wawancara dengan guru fisika dan pengelola laboratorium, serta studi literatur dari jurnal dan buku terkait untuk memperkuat topik yang dibahas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran yang tepat, seperti Problem-Based Learning (PBL), dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi dan pemecahan masalah siswa.


Keywords


Hasil Belajar, Keterlibatan Siswa, Pembelajaran Fisika, Problem-Based Learning (PBL)

Full Text:

PDF

References


Amirudin, A., Karochman, M. A., & Aliyah, A. (2021). Strategi Menghidupkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Kelompok Belajar. Etos : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1), 37. https://doi.org/10.47453/et os.v3i1.347.

Astalini, A., Kurniawan, D. A., Sari, D. K., & Kurniawan, W. (2019). Description of Scientific Normality, Attitudes of Investigation and Interested Career On Physics in Senior High School. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 4(2), 56. https://doi.org/10.26737/ji pf.v4i2.885.

Atma, K. E. (2020). Peningkatan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Ppkn Melalui Penerapan Model Take And Give. Journal Civics & Social Studies, 4(1), 95–101. Https://Doi.Org/10.31980/Civico s.V4i1.821.

Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2021). "E-learning and the Science of Instruction: Proven Guidelines for Consumers and Designers of Multimedia Learning." Journal of Educational Computing Research, 29(2), 133-148.

Darmaji, D., Kurniawan, D. A., Astalini, A., & Heldalia, H. (2020).

Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Pemantulan Pada Cermin Datar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(7), 1013. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5 i7.13804.

Darmaji, D., Kurniawan, D. A., & Suryani, A. (2019). Effectiveness of Basic Physics II Practicum Guidelines Based On Science Process Skills. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 4(1), 1.

Dunn, R., & Dunn, K. (2019). "Learning Styles and Student Achievement: A Meta-Analysis." Educational Psychology Review, 31(4), 923-950.

Schunk, D. H., & Zimmerman, B. J. (2020). "Student Engagement and Motivation: Theories and Research." Educational Psychology Quarterly, 29(2), 140-160. https://doi.org/10.26737/jipf.v4i1.693.

Fadilah, H., & Helma. (2020). Penaksiran Suhu Ruangan Pada Termometer dengan Menggunakan Inverse Regression. UNPjoMath, 3(1), 28–32.

Gillies, R. M. (2006). Perilaku verbal guru dan siswa selama pembelajaran kooperatif dan kelompok kecil. Jurnal Psikologi Pendidikan Inggris, 76(2), 271–287. https://doi.org/10.1348/00 0709905X52337.

Guskey, T. R. (2019). "Teacher Professional Development: Challenges and Solutions." Journal of Teacher Education, 40(2), 83-96.

Latief, A., & Novalia, N. (2023). Improving Fun Learning in Science Subjects by Using Monopoly Game Media. Indonesian Journal of Education Research (IJoER), 4(3), 54–57. https://doi.org/10.37251/ij oer.v4i3.584.

Latifah, L., Permatasari, D., & Kara, Y. F. (2023). Konseling Kelompok Behavioral : Metode Alternatif Meningkatkan Afiliasi Diri. Jurnal Konseling Gusjigang, 9(1), 1–10.

Mirdad, J. 2020. “Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran).” Jurnal Sakinah 2(1):14–23.

Mustajab, M., & Fatmaryanti, S. D. (2013). Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Script Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Karanggayam Tahun Pelajaran 2012/2013. Radiasi, 1(1), 37–40.

Nuraydah, D. S., Hariani, L. S., & Widjiastuti, V. Y. (2023). Peningkatan Keterampilan Kolaboarsi dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning dengan Media Video Pada Materi Alat Pembayaran Non Tunai. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(6), 514–525.

Nurrita. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03, 171–187.

Reigeluth, C. M. (2018). "Instructional- Design Theories and Models: A New Paradigm of Instructional Theory." Journal of Educational Technology, 31(2), 10-22.

Rodi’ah, S., & Hasanah, I. (2021). Eksplorasi Pembelajaran Matematika Berbasis Proyek Berbantu E-Modul Ditinjau dari Berpikir Kreatif Siswa. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Budaya, 7(3), 107.

Salam, R. (2019). Model Pembelajaran Inkuiri Dalam Pembelajaran IPS. Harmony, 2(1), 7–12.

Schön, D. A. (1987). "Educating the Reflective Practitioner." Jossey- Bass Higher Education Series, San Francisco, CA: Jossey-Bass.

Schunk, D. H., & Zimmerman, B. J. (2020). "Student Engagement and Motivation: Theories and Research." Educational Psychology Quarterly, 29(2), 140-160.

Smith, L. (2018). "Challenges in Implementing Active Learning in Higher Education." Journal of Educational Research and Practice, 22(3), 101-115.

Sofroniou, A., & Poutos, K. (2016). Investigating the effectiveness of group work in mathematics. Education Sciences, 6(3).

Widada, W. (2016). Sintaks Model Pembelajaran Matematika Berdasarkan Perkembangan Kognitif Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 1(2), 163–172.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Oren Satipa Mulia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.