Pendidikan Dalam Perspektif Filsafat Pancasila di SMAN Titian Teras Muaro Jambi

Dwi Cahyani Putri, Universitas Jambi, Indonesia
Gobi Hermeli, Universitas Jambi, Indonesia

Abstract


Filsafat pendidikan adalah pemikiran yang mendalam tentang pendidikan berdasarkan filsafat. Pancasila adalah falsafah yang merupakan pedoman berperilaku bagi bangsa Indonesia yang sesuai dengan kultur bangsa Indonesia. Pendidikan karakter memang seharusnya diambil dari nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Berdasarkan penelitian yang dilaksanakan pada sekolah pertanyaan membahas tentang tipe hasil belajar efektif yang tampak pada siswa. Dari hasil wawancara dapat hasil berupa jawaban langsung yakni Hasil dari belajar yang efektif dapat dilihat dari minat, semangat, dan keaktifan siswa. Tujuan penelitian ini di harapkan pembaca mengerti tentang pembelajaran efektif dalam konsep Pendidikan filsafat Pancasila. Pendidikan dalam filsafat Pancasila menekankan bahwa pendidikan harus berorientasi pada pengembangan karakter dan moral siswa, sejalan dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Pendidikan tidak hanya berfungsi untuk transfer pengetahuan, tetapi juga untuk membentuk individu yang memiliki integritas, toleransi, dan rasa keadilan.

Keywords


Belajar Efektif di Sekolah, Filsafat Pendidikan, Nilai-Nilai Pancasila

Full Text:

PDF

References


Adlini, M. N., Dinda, A. H., Yulinda, S., Chotimah, O., & Merliyana, S. J. (2022). Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 974–980.https://doi.org/10.33487/edumaspu l.v6i1.3394

Humble, Á. M. (2020). Technique Triangulation for Validation in Directed Content Analysis. International Journal of Qualitative Methods, 8(3), 34–51. https://doi.org/10.1177/160940690 900800305

Muslim, A. (2023). Landasan Filsafat Idealisme dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. JETISH: Journal of Education Technology Information Social Sciences and Health, 1(1), 34–40. https://doi.org/10.57235/jetish.v1i1.35

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Rija Umami, F., & Arifianto, C. F. (2024). Nasib ASN Honorer: Tinjauan Ketidakamanan Pekerjaan(Sebuah Studi Kualitatif). Jurnal Sinergi Manajemen, 1(1), 14–19. https://doi.org/10.70285/08yqnv19 Studi, S., & Siswa, K. (2024). Profil Pelajar Pancasila dalam Perspektif Pendidikan Kristiani : Pendahuluan. 6(2), 133–142.

Utami, A., Rukiyati, & Prabowo, M. (2023). Internalisasi Filsafat Pancasila Melalui Profil Pelajar Pancasila Pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Paris Langkis, 3(2), 119–128. https://doi.org/10.37304/pari s.v3i2.8310

Wahyono, I. (2018). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Sdn 1 Sekarsuli. Basic Education, 2(7), 133–139.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Dwi Cahyani Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.