Efektivitas Penggunaan Teknologi Melalui Gamifikasi Terhadap Motivasi Belajar Dan Kualitas Pembelajaran
Dea Ramadhani Putri, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Salma Zahrotunnisa Wahid, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Rafi Aditya Pratama, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Huynh, N., Tuyet, T., & Le, A. H. (2022). The Impact of Digital Transformation on the Economic Growth of the Countries. January. https://doi.org/10.1007/978-3-030-77094-5
Liu, L., & Liu, K. (2023). Can digital technology promote sustainable agriculture? Empirical evidence from urban China. Cogent Food and Agriculture, 9(2). https://doi.org/10.1080/23311932.2 023.2282234
Mulia, E., Ilmi, D., Yakub Simbolon, A. M., Yanti, I., & Sumarni, W. (2023). Management of Education and Education Personnel in Aligning the Digital Era with Islamic Values. GIC Proceeding, 1, 38–50. https://doi.org/10.30983/gic.v1i1.1 25
Sakinah, A. N., Mahya, A. F. P., & Santoso, G. (2022). Revolusi pendidikan di era society 5.0., pembelajaran, tantangan, peluang, akses, dan keterampilan teknologi. Jurnal Pendidikan Transformatif (JUPETRA), 01(02), 18–28.
Zulqadri, D. M., & Nurgiyantoro, B. (2023). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Web Untuk Meningkatkan Literasi Budaya Dan Literasi Digital Siswa Kelas V SD/MI. JURNAL IPTEKKOM Jurnal Ilmu Pengetahuan & Teknologi Informasi, 25(1), 103–120. https://doi.org/10.17933/iptekkom. 25.1.2023.103-120
Anggraini, A. (2021). Pengaruh Gamifikasi Pembelajaran Menggunakan Media Quizwizzer Terhadap Motivasi dan Minat Belajar Siswa Kelas IX pada Materi Kemagnetan dan Pemanfaatannya dalam Produk Teknologi. Universitas Sebelas Maret.
Belva Saskia Permana, Lutvia Ainun Hazizah, & Yusuf Tri Herlambang. (2024). Teknologi Pendidikan: Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Di Era Digitalisasi. Khatulistiwa: Jurnal Pendidikan Dan Sosial Humaniora, 4(1), 19–28. https://doi.org/10.55606/khat ulistiwa.v4i1.2702
Cahyani, R., Lailla, S., & Rustini, T. (2024). Strategi Pembelajaran Berbasis Teknologi untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8, 20670–20679. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/15474%0A https://jptam.org/index.php/j ptam/article/download/15474/11683
Fadilla, D. ., & Nurfadhilah, S. (2022). Penerapan gamification untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran jarak jauh. Jurnal Inovasi Kurikulum, 19(1), 32–43.
Febrianti, F. A., Alani, N., & Al- Fikri, H. A. (2024). Implementasi Sistem Gamifikasi Berbasis Educaplay sebagai Strategi Peningkatan Kualitas Belajar Mahasiswa PGSD. Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 7(3), 685–693. https://doi.org/10.20961/shes.v7i3.91642.
Gocotano, I., Almaraz, A., & Paloma, R. (2021). Exploring Students’ Online Learning Experiences During the COVID-19 Pandemic: A Mixed Method Study. International Journal of Learning, Teaching and Educational Research, 20(4), 109–128.
Hudaa, S., Bahtiar, A., & Nuryani, N. (2020). Pemanfaatan Teknologi untuk Pengajaran Bahasa Indonesia di Tengah Pandemi Covid-19. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 9(2), 384. https://doi.org/10.26499/rnh.v9i2.2 361
Purba, A. Z., Hilmy Nasution, F., Parapat, K. M., Jannah, M., & Ulkhaira, N. (2024). Gamifikasi Dalam Pendidikan: Meningkatkan Motivasi dan Keterlibatan Siswa. Maximal Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya Dan Pendidikan, 1(5), 1–7. https://malaqbipublisher.com/index.php/MAKSI
Rahman, M. H., Menezes, B. C., & Baldacci, R. (2024). Exploring the role of blockchain technology, warehouse automation, smart routing, and cloud computing in logistics performance. Production and Manufacturing Research, 12(1). https://doi.org/10.1080/21693277.2 024.2393614
Rukmana, A. Y., Supriandi, & Wirawan, R. (2023). Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan: Analisis Literatur Mengenai Efektivitas dan Implementasi. Jurnal Pendidikan West Science, 1(07), 460–472. https://doi.org/10.58812/jpdws.v1i 07.541
Suyuti, S., Ekasari Wahyuningrum, P. M., Jamil, M. A., Nawawi, M. L., Aditia, D., & Ayu Lia Rusmayani, N. G. (2023). Analisis Efektivitas Penggunaan Teknologi dalam Pendidikan Terhadap Peningkatan Hasil Belajar. Journal on Education, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.31004/joe. v6i1.2908
Vaudreuil, R., Nordstrom, M., DeGraba, T., & Pasquina, P. (2024). The role of technology in music therapy, occupational therapy, and co- treatment of an injured United States service member. Nordic Journal of Music Therapy, 00(00), 1–18. https://doi.org/10.1080/0809 8131.2024.2397795
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Naurah Eka Ramadhani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.