Optimalisasi Model Pembelajaran Personal Berbasis Teknologi dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMA Negeri 8 Muaro Jambi

Siti Mu'awanah, Universitas Jambi, Indonesia
Liza Agustina, Universitas Jambi, Indonesia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengoptimalkan penerapan model pembelajaran personal berbasis teknologi guna meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan di SMA Negeri 8 Muaro Jambi menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi domino dan ice breaking meningkatkan partisipasi aktif siswa, memotivasinya untuk lebih kreatif, dan mempermudah pemahaman konsep melalui video dan diskusi kelompok. Hasil penelitian ini menyarankan penerapan pembelajaran personal berbasis teknologi sebagai strategi efektif untuk meningkatkan kualitas pendidikan, dengan demonstrasi langsung dan tutor sebaya yang menunjukkan peningkatan hasil belajar signifikan.

Keywords


Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Motivasi Belajar, Pembelajaran Personal, Teknologi

Full Text:

PDF

References


Abdullah, A. (2017). Pendekatan Dan Model Pembelajaran Yang Mengaktifkan Siswa. Edureligia: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 45–62.

Aini, S., Sa’diyah, H., Fajari, L. E. W., & Fajrudin, L. (2023). Pengaruh Social Family Models Terhadap Prestasi Akademik Siswa Di Indonesia: Studi Meta Analisis. Dwija Cendekia: Jurnal Riset Pedagogik, 7(3).

Arianti, A. (2019). Urgensi Lingkungan Belajar Yang Kondusif Dalam Mendorong Siswa Belajar Aktif. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(1), 41–62.

Erliani, W., Sari, P. D. P., Sari, V. P., Ramadhan, M. G., Nabila, A., & Muryaningsi, A. (2024). Pelaksanaan Pelatihan Keterampilan Penggunaan Teknologi Dalam Mengajar Untuk Mengembangkan Pembelajaran Yang Interaktif Dan Inovatif. Insan Cendekia: Jurnal Studi Islam, Sosial Dan Pendidikan, 3(2), 1–7.

Hasanbasri, H., & Nurhayuni, N. (2023). Sumber Daya Teknologi Terhadap Pelaksanaan Kurikulum Di Era Digital. Al-Mikraj Jurnal Studi Islam Dan Humaniora (E-Issn 2745-4584), 4(1), 874–888.

Heri, T. (2019). Meningkatkan Motivasi Minat Belajar Siswa. Rausyan Fikr: Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(1).

Latipah, B. S., Khoerunnisa, D., & Cahyani, I. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Model Pembelajaran Personal. Seminar Internasional Riksa Bahasa, 38–45.

Marlina, M., & Amrullah, S. (2017). Perbandingan Efektivitas Social Interaction Models Dan Personal Family Models Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Al- I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 35–49.

Melati, E., Fayola, A. D., Hita, I. P. A. D., Saputra, A. M. A., Zamzami, Z., & Ninasari, A. (2023). Pemanfaatan Animasi Sebagai Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Journal On Education, 6(1), 732–741.

Mirdad, J. (2020). Model-Model Pembelajaran (Empat Rumpun Model Pembelajaran). Jurnal Sakinah, 2(1), 14–23.

Nasirudin, A., & Putra, I. M. (2024). Teori Belajar Humanistik Dalam Pembelajaran Pai. Joems (Journal Of Education And Management Studies), 7(3), 110–115.

Said, S. (2023). Peran Teknologi Digital Sebagai Media Pembelajaran Di Era Abad 21. Jurnal Penkomi: Kajian Pendidikan Dan Ekonomi, 6(2), 194–202.

Sitompul, H. S., Ginting, Y. F. B., & Hajar, I. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Sinektik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Kologatif Larutan:(Application Of Synectic Learning Models To Improve Students’ Learning Achievement In Solution Colligative Discussion). Uniqbu Journal Of Exact Sciences, 1(2), 52–58.

Suhana, N. (2019). Upaya Peningkatan Berpikir Kritis Dan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Aritmetika Sosial Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Sinektik. Jurnal Theorems, 4(1), 301791.

Sundari, E. (2024). Transformasi Pembelajaran Di Era Digital: Mengintegrasikan Teknologi Dalam Pendidikan Modern. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 4(5), 25–35.

Sundari, H. (2015). Model-Model Pembelajaran Dan Pemerolehan Bahasa Kedua/Asing. Jurnal Pujangga, 1(2), 106–117.

Syarifudin, M. A., & Rosyidi, M. H. (2024). Model-Model Pembelajaran Personal Dan Sosial Dalam Membentuk Siswa Yang Berkualitas. Ijm: Indonesian Journal Of Multidisciplinary, 2(4), 299–309.

Taufik, A. R. (2024). Tantangan Dan Hambatan Implementasi Teknologi Dalam Pendidikan Jasmani. Jurnal Sipatokkong Bpsdm Sulsel, 5(3), 102–107.

Taufik, M. S., Mustami, M. K., & Damayanti, E. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Synectics, Mind Maps, Cooperative Learning (Sm2cl) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Biotek, 6(2), 61–72.

Yulianti, H., & Iswanto, E. (2024). Use Of Technology In Increasing The Effectiveness Of Class Management At Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember: Penggunaan Teknologi Dalam Meningkatkan Efektivitas Manajemen Kelas Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember. Khalifah: Jurnal Pendidikan Nusantara, 2(1), 23–30.

Yusuf, M. (2023). Inovasi Pendidikan Abad-21: Perspektif, Tantangan, Dan Praktik Terkini. Selat Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Siti Mu'awanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.