Pengaruh Motivasi Belajar, Kemandirian Belajar, dan Budaya Literasi Terhadap Prestasi Belajar Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga Siswa Kelas XI Akuntansi

Igung Sasi Kinanti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Dian Normalita Purnama, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 90 siswa kelas XI Akuntansi SMK YPKK 2 Sleman Tahun Ajaran 2024/2025. Uji hipotesis pada penelitian ini yaitu analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Motivasi Belajar memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga, (2) Kemandirian Belajar memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga, (3) Budaya Literasi memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga, dan (4) Motivasi Belajar, Kemandirian Beajar, dan Budaya Literasi secara bersama-sama memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap Prestasi Belajar Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga.

Keywords


Budaya Literasi, Kemandirian Belajar, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga

Full Text:

PDF

References


Anggraini, C., & Imaniyati, N. (2018). Fasilitas belajar dan manajemen kelas sebagai determinan terhadap prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(1), 69-77.

Arianti, A. (2019). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117-134.

Astiti, A.D. (2023). Hubungan kepemimpinan kepala sekolah dan peran guru dengan budaya literasi di sekolah dasar se kecamatan cikijing. (Tesis, tidak diterbitkan). Universitas Negeri Yogyakarta.

Azizah, A.L., Latief, A.M., & Tumanggung, A. (2018). Efektivitas kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan budaya literasi. IQ (Ilmu Al-qur'an): Jurnal Pendidikan Islam, 1(02), 199219.

Dalyono. (2009). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Haryati, T. (2020). Program gerakan literasi sekolah (gls) dalam meningkatkan kecerdasan linguistik siswa SD lab school fip umj. Yaa Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 79-89.

Hariyadi, H., Misnawati, M., & Yusrizal, Y. (2023). Mewujudkan kemandirian belajar: Merdeka belajar sebagai kunci sukses mahasiswa jarak jauh. Badan Penerbit Stiepari Press, 1-215.

Julaecha, S., & Baist, A. (2019). Hubungan kemandirian belajar dengan hasil belajar siswa smk kelas xii pada pelajaran matematika. Jurnal Analisa, 5(2), 103-108.

Khasanah, D.N., & Yushita, A.N. (2023). Pengaruh literasi digital, kemandirian belajar, dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar akuntansi dasar. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 1-18.

Kurikulum merdeka: Upaya meningkatkan kualitas pendidikan secara berkeadilan. (2024, Mei). Kemendikbudristek. Lomu, L., & Widodo, S.A. (2018). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar matematika siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia, 0(0), 745–751.

Maulana, R. (2021). Pengaruh budaya literasi sekolah terhadap prestasi belajar mata pelajaran al-qur’an hadist kelas x di man 2 Kudus tahun pelajaran 2019-2020. Doctoral Dissertation. IAIN Kudus.

Meizi, E. R., Muhtar, M., & Jaryanto, J. (2021). Pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar akuntansi dasar siswa smk dengan perilaku belajar sebagai variabel intervening. Tata Arta: Jurnal Pendidikan Akuntansi, 7(3).

Nurhalizah, S. (2020). Pengaruh motivasi belajar dan disiplin belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi keuangan kelas XII kompetensi keahlian akuntansi di SMK Negeri 1 Makassar. Doctoral dissertation. Universitas Negeri Makassar.

Salsabila, A., & Puspitasari, P. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa sekolah dasar. Pandawa, 2(2), 278-288.

Setiawan, D. (2018). Dampak perkembangan teknologi informasi dan komunikasi terhadap budaya. Jurnal Simbolika Research and Learning in Communication Study, 4(1), 62-72.

Suciono, W. (2021). Berpikir kritis (tinjauan melalui kemandirian belajar, kemampuan akademik dan efikasi diri). Indramayu: Penerbit Adab.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Igung Sasi Kinanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.