PENGARUH ETHICS, COMMUNICATION, DAN PROBLEM SOLVING TERHADAP TEAMWORK SISWA JURUSAN AKL SMKN 1 BANTUL

Isma Rani Tatsniyah, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Nur Aini, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Eka Ary Wibawa, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Perusahaan membutuhkan tenaga kerja yang memiliki keterampilan meliputi soft skill dan hard skill. Perkembangan dan inovasi teknologi dimasa revolusi industri 4.0 perusahaan membutuhkan lulusan siswa yang memiliki keterampilan 4 C yang meliputi Critical Thinking, Communication, Creative Thinking dan Collaboration. Etika, komunikasi, dan pemecahan masalah siswa sangat penting untuk mengoptimalkan kerja tim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memastikan dampak etika, komunikasi, dan pemecahan masalah terhadap kerja tim. Kerja sama tim sebagai upaya mengkoordinasikan suatu pekerjaan untuk mempercepat menyelesaikan tugas. Desain penelitian ini merupakan penelitian kausal komparatif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian terdiri dari 199 siswa, dengan sampel 133 siswa. Kuesioner digunakan sebagai teknik dan instrumen pengumpulan data. Validitas instrumen ditetapkan melalui EFA, sedangkan reliabilitas menggunakan rumus Alpha. Untuk menguji hipotesis penelitian, dilakukan analisis regresi berganda. Koefisien regresi R, yang berada di 0,673, ditambah dengan nilai Fhitung 35,512 dan nilai Sig. 0,000 < 0,05. Temuan ini menunjukkan pengaruh positif, dan signifikan dari etika, komunikasi, dan pemecahan masalah pada kerja tim. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa ethics, communication, dan problem solving memberikan dampak positif dan signifikan pada teamwork siswa. Selanjutnya, koefisien determinasi R2 = 0,452 menunjukkan bahwa 45,2% teamwork dipengaruhi oleh ethics, communication, dan problem solving, 54,8% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak dieksplorasi dalam penelitian ini. Peserta didik harus mempertimbangkan ketiga faktor penentu teamwork ini, yaitu ethics, communication, dan problem solving. Untuk mengoptimalkan kerja tim, setiap siswa harus meningkatkan etika, komunikasi, dan pemecahan masalah.

Keywords


Ethics; Communication; Problem Solving; Teamwork

Full Text:

PDF

References


ACCA. (2017a, August). Ethics and trust in a digital age (pp. 1–90). The Association of Chartered Certified Accountants. https://www.accaglobal.com/gb/en.html

Almeda Ricky, Sahyar, & Motlan. (2017). Efek Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Berbantuan Phet Dan Kemampuan Kerjasama Terhadap Pengetahuan Konseptual Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 60–66.

Bowyerb, V. T. (2021). Exploring the impact of 4IR on skills and personal qualities for future accountants: a proposed conceptual framework for. Accounting Education.

Bradley, C. L., Jeter, E., Lee, S., & Cooper, J. B. (2021). A Teamwork Workshop to Improve Pharmacy Students’ Growth Mindset and Communication Skills. American Journal of Pharmaceutical Education, 85(5). https://doi.org/https://doi.org/10.5688/ajpe8269

Brunelli, S., & Di Carlo, E. (2020). Accountability, ethics and sustainability of organizations. Accounting, Finance, Sustainability, Governance and Fraud: Theory and Application, 4, 82– 123. https://doi.org/10/ghh6cg doi:10.1007/978-3-030-31193-3

Chi, N. W., & Lam, L. W. (2022). Is Negative Group Affective Tone Always Bad For Team Creativity? Team Trait Learning Goal Orientation as the Boundary Condition. Group and Organization Management, 47(1), 72–108. https://doi.org/10.1177/10596011211011336

CPA Australia. (2019). CPA Australia’s My Firm. My Future. Report. CPA Australia. https://www. cpaaustralia.com.au/-/media/corporate/allfiles/document/professional-resources/public-practice/my-firm-my-future-report-2019.pdf?la=en&rev=1d24c7ae609042c7b48f5273183b4729

Daft, R. L. (2020). Organization theory & design. Cengage learning.

Fadhilah, P., Budi Iriawan, S., & Rakhmat Riyadi, A. (2019). Penerapan Model Treasure Hunt Untuk Meningkatkan Kemampuan Kerjasama Siswa Kelas V SD

Hartanti Nugrahaningsih. (2022). Pengaruh Komunikasi Dan Kerjasama Tim Terhadap Kinerja Karyawan Dengan Stres Kerja Sebagai Variabel Pemderasi. Media Manajemen Jasa, 10(2), 66–83.

Ibrahim, F. E. , D. T. , & S. N. (2021). Pengaruh Kerjasama Tim Terhadap Kinerja Karyawan Di PT. Lion Superindo. Jurnal ARASTIRMA Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen UNPAM, 1(2), 316–325.

IFAC. (2018). Handbook of the international code of ethics for professional accountants (pp. 1–254). International Ethics Standards Board for Accountants (IESBA). https://www.ifac.org/system/ files/publications/files/IESBA-Handbook-Code-of-Ethics-2018.pdf

Khoiriyah, A. J., & Husamah, H. (2018). Problem-based learning: Creative thinking skills, problem-solving skills, and learning outcome of seventh grade students. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 4(2), 151–160. https://doi.org/10.22219/jpbi.v4i2.5804

Leonard, & Rosita, I. (2017). Meningkatkan Kerja Sama Siswa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share.

Pangestika, W. P., Hartanto, D., Fauziah, M., & Kuswindarti. (2022). Upaya Meningkatkan Teamwork melalui Bimbingan Kelompok menggunakan Simulation Games terhadap Pengurus OSIS SMPN 42 Semarang (Vol. 4).

Park S and Avery EJ (2019) Development and validation of a crisis self-efficacy index. Journal of Contingencies and Crisis Manage

Sarjana, S. (2014). Pengaruh Kepemilikan dan Kerja Sama Tim Terhadap Etika Kerja Guru SMK. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.

Shim S, Serido J and Lee SK (2019) Problem-solving orientations, financial self-efficacy, and student-loan repayment stress. Journal of Consumer Affairs 53(3): 1273–1296. DOI: 10.1111/joca.12228

Simatupang, F. (2019). Pengaruh Pengalaman Kerja dan Kerja Sama Tim Terhadap Kinerja Karyawan Pada Restaurant International and Convention Hall Pematangsiantar. Jurnal Manajemen.

Sudibjo, Y. K. (2020). Pengaruh Self-Efficacy, Kemampuan Kerja Sama, dan Kemampuan Berpikir Kreatif terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Karyawan Post Training . UNNES JOURNALS.

Suhardi, M. (2022). Pengaruh Komunikasi Dan Kerjasama Tim Terhadap Etika Civitas Akademika Di Universitas Pendidikan Mandalika. Jurnal Visionary : Penelitian Dan Pengembangan Dibidang Administrasi Pendidikan, 10(2), 54. https://doi.org/10.33394/vis.v10i2.6160

Uhl-Bien, M., Piccolo, R. F., & Schermerhorn Jr, J. R. (2020). Organizational behavior. Wiley & Sons.

Wahyuni, R. (2016). Upaya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Jurnal Mosharafa.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Isma Rani Tatsniyah, Nur Aini, Eka Ary Wibawa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.