PENGARUH FoMO, RISK TOLERANCE RETURN, ROLE OF CONTENT CREATOR TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI CRYPTOCURRENCY MAHASISWA

Annisa Nur Febriana, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Hilda Evan Affriliani, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Winda Dwi Deviyanti, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
Brillianti Almalika Kartika Putri, Universitas Gadjah Mada, Indonesia
Anggun Widya Pramita, Universitas Gadjah Mada, Indonesia
Arief Nurrahman, Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

Abstract


Penelitian ini menganalisis pengaruh faktor psikologis dan informasi terhadap keputusan investasi cryptocurrency mahasiswa di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) dan Universitas Gadjah Mada (UGM). Variabel yang diteliti mencakup Fear of Missing Out (FoMO), Risk Tolerance Return, dan Role of Content Creator terhadap Keputusan Investasi Cryptocurrency Mahasiswa UNY dan UGM. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan survei terhadap 56 mahasiswa dari kedua universitas. Data dianalisis menggunakan regresi linear sederhana dan berganda untuk menilai pengaruh masing-masing variabel independen secara parsial dan simultan terhadap keputusan investasi mahasiswa. Hasilnya menunjukkan bahwa Risk Tolerance Return memiliki pengaruh terbesar secara parsial (45,7%), diikuti oleh Role of Content Creator (25,7%), dan FoMO (9,7%). Secara simultan, ketiga faktor ini memiliki pengaruh sebesar 50% terhadap Keputusan Investasi Cryptocurrency Mahasiswa UNY dan UGM. Temuan ini menggarisbawahi bahwa mahasiswa lebih mempertimbangkan risiko yang mampu mereka toleransi, namun juga terpengaruh oleh konten dari figur populer di media sosial. Hasil ini menegaskan pentingnya mengedukasi mahasiswa agar lebih bijak dalam menilai informasi investasi dari media sosial dan memahami batas toleransi risiko mereka sendiri. Penelitian ini juga memberikan wawasan bagi sektor pendidikan untuk mengembangkan program literasi keuangan yang fokus pada pengelolaan risiko dan pengambilan keputusan yang rasional di era digital.

Keywords


Keputusan Investasi; Cryptocurrency; Fear of Missing Out (FoMO); Risk Tolerance Return; Content Creator

Full Text:

PDF

References


Addinpujoartanto, N. A., & Darmawan, S. (2020). PENGARUH OVERCONFIDENCE, REGRET AVERSION, LOSS AVERSION, DAN HERDING BIAS TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI DI INDONESIA. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 3, 19–30. http://journals.usm.ac.id/index.php/jreb

Badan Pusat Statistik. (2020, June 25). Jumlah Penduduk menurut Wilayah, Klasifikasi Generasi, dan Jenis Kelamin, INDONESIA, Tahun 2020. Sensus Penduduk 2020. https://sensus.bps.go.id/topik/tabular/sp2020/2

Baihaqqi, I. K., & Prajawati, M. I. (2023). Pengaruh Risk Tolerance dan Religiusitas terhadap Keputusan Investasi dengan Literasi Keuangan sebagai Variabel Moderasi. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 4(3), 960–968. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v4i3.2448

Cahyani, I. D. A. B., & Sinarwati, N. K. (2023). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Sosial Media Influencer Terhadap Minat Investasi Mahasiwa di Kota Denpasar. Jurnal Ekonomi Sinergi (JES), 7(5), 134–144.

Ester Anabel, L. (2023). Peran Influencer Dan Minat Investasi Pada Generasi Sandwich Di DKI Jakarta. Jurnal Manajemen, Ekonomi,Hukum, Kewirausahaan, Kesehatan,Pendidikan Dan Informatika (MANEKIN), 2(02), 405–420. https://journal.mediapublikasi.id/index.php/manekin/article/view/4041/2432

Fauzianti, A., & Retnosari. (2022). Pengaruh Modal Awal Investasi, Pengetahuan Investasi, Sosial Media Influencer Terhadap Minat Investasi Mahasiswa Akuntansi Universitas Tidar. Jurnal Sinar Manajemen, 9(1), 26–35. https://doi.org/10.56338/jsm.v9i1.2323

Febrianti, E., & Backtiar, M. R. (2023). Faktor yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Investasi Cryptocurrency. 13(1), 296–313. www.bi.go.id

Firdhy, E. H., & Amanah, L. (2022). ANALISIS PERBANDINGAN KINERJA CRYPTOCURRENCY BITCOIN, SAHAM DAN EMAS SEBAGAI ALTERNATIF INVESTASI. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 11, 1–22.

Hambali, R. (2020). Risiko dan Tingkat Keuntungan Investasi Cryptocurrency. https://doi.org/10.29313/performa.v17i1.7236

Ismanto, H., & Pebruary, S. (2021). Aplikasi SPSS dan Eviews dalam analisis data penelitian. Deepublish.

Lestari, N. P. (2024). PENGARUH FEAR OF MISSING OUT (FOMO) DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI DI KALANGAN MAHASISWA (STUDI KASUS PADA KALANGAN MAHASISWA DI PULAU JAWA) [Skripsi Terapan, Politeknik Negeri Jakarta]. https://repository.pnj.ac.id/id/eprint/19528/1/Judul,%20Pendahuluan,%20dan%20Penutup.pdf

Mara, S. V. (2023). PENGARUH GAMBLER’S FALLACY, FoMO, HINDSIGHT TERHADAP KEPUTUSAN GENERASI MILENIAL DALAM BERINVESTASI CRYPTOCURRENCY. Skripsi Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta.

Melita, Y. (2023). Prospek Kerja Content creator Gen Z di Era 5.0 (Study Participacy Media Culture). GANDIWA: Jurnal Komunikasi, 03(01), 2798–5180.

Perayunda, I. G. A. D., & Mahyuni, L. P. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN INVESTASI CRYPTOCURRENCY PADA KAUM MILENIAL. EKUITAS (Jurnal Ekonomi Dan Keuangan), 6(3). https://doi.org/10.24034/j25485024.y2022.v6.i3.5224

Phung, C. K., & Nur, D. I. (2024). Keputusan Investasi Keuangan dan Fear of Missing Out Sebagai Variabel Mediasi pada Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur. J-MAS (Jurnal Manajemen Dan Sains), 9(2), 1257. https://doi.org/10.33087/jmas.v9i2.1928

Priscilla, F., & Saleh, M. (2023). EFFECT INFLUENCER, P2P REPUTATION AND RISK PERCEPTION TOWARDS INVESTMENT DECISIONS OF MILLENIAL IN P2P LENDING: FINANCIAL LITERACY AS A MEDIATION VARIABLE. 12, 364–387. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnaldms

Przybylski, A. K., Murayama, K., Dehaan, C. R., & Gladwell, V. (2013). Motivational, emotional, and behavioral correlates of fear of missing out. Computers in Human Behavior, 29(4), 1841–1848. https://doi.org/10.1016/j.chb.2013.02.014

Putra, I. P. S., Ananingtiyas, H., Sari, D. R., Dewi, A. S., & Silvy, M. (2016). Pengaruh tingkat literasi keuangan, experienced regret, dan risk tolerancepada pemilihan jenis investasi. Journal of Business and Banking, 5(2), 271–282.

Ramdhan, M. (2021). Metode Penelitian. Cipta Media Nusantara.

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, Dan Psikometrian). Parama publishing.

Safriyani, U., Aziz, A., & Triwahyuningtyas, N. (2020). Analisis Literasi Keuangan, Perilaku Keuangan, Dan Pendapatan Terhadap Keputusan Investasi. JIAKES Jurnal Ilmiah Akuntansi Kesatuan, 3, 319–332.

Sarjana, S., Nardo, R., Hartono, R., Siregar, Z. H., Irmal, Sohilauw, M. I., Wahyuni, S., Rasyid, A., Djaha, Z. A., & Badrianto, Y. (2020). Manajemen Risiko (H. F. Ningrum, Ed.). CV. MEDIA SAINS INDONESIA.

Sudrajat, D. (2022). Fear of Missing Out and Student Interest in Stocks Investment during Covid-19 Pandemic. Journal of Economics Research and Social Sciences, 6(2), 115–123. https://doi.org/10.18196/jerss.v6i2.15319

Sumargo, B. (2020). Teknik Sampling. Unj press.

Suryawan, I. P. G. B. (2023). Fear of Missing out in Cryptocurrency Investing. Jurnal Manajemen Dan Bisnis.

Susanto, A. H. (2022). Pengaruh FOMO, Technical Analysis Knowledge dan Fundamental Analysis Knowledge Terhadap Keputusan Investasi Dengan Financial Behavior Sebagai Pemoderasi [Tesis, Yayasan Keluarga Pahlawan Negara]. http://repositorybaru.stieykpn.ac.id/1999/1/jurnal_AFIF%20HADI%20SUSANTO_222000729%20%281%29.pdf

Wardhana, C. S., Satya, C., Program, W., Pembangunan, S., Dan, E., & Masyarakat, P. (2024). Eksplorasi Fundamental Cryptocurrency dalam Volatilitas Harga. 5, 4.

Wijaya, L., Kusuma, I. G. W. A., & Khouroh, U. (2024). Peran Influencer dalam Investasi Cryptocurrency: Literasi Keuangan Digital Mediator ataukah Moderator? Business Management Research, 3(2), 99–109. https://doi.org/10.26905/bismar.v3i2.14050

Wulan, A., Rini, S., & Ardani, A. N. (2024). MENGURANGI DAMPAK NEGATIF FENOMENA FOMO DALAM INVESTASI DAN PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENT (AI).

Xing, F. (2024). Financial risk tolerance profiling from text. Information Processing & Management, 61(4), 103704. https://doi.org/10.1016/j.ipm.2024.103704

Yanto, H., Ismail, N., Kiswanto, K., Rahim, N. M., & Baroroh, N. (2021). The roles of peers and social media in building financial literacy among the millennial generation: A case of indonesian economics and business students. Cogent Social Sciences, 7(1). https://doi.org/10.1080/23311886.2021.1947579


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Annisa Nur Febriana, Hilda Evan Affriliani, Winda Dwi Deviyanti, Brillianti Almalika Kartika Putri, Anggun Widya Pramita, Arief Nurrahman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.