PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA DAN PERHATIAN ORANG TUATERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH PADA SISWA KELAS XI IPS DI SMA NEGERI 1 PENGASIH KABUPATEN KULON PROGO TAHUN AJARAN 2016/201

Nindy Fadhilatun Nisa, , Indonesia

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Sejarah pada Siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pengasih Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2016/2017, (2) Pengaruh Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Sejarah pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pengasih Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2016/2017, (3) Pengaruh Pergaulan Teman Sebaya dan Perhatian Orang Tua secara bersama-sama terhadap Prestasi Belajar Sejarah pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pengasih Kabupaten Kulon ProgoTahun Ajaran 2016/2017.

Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pengasih Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2016/2017 yang berjumlah 96 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dengan menggunakan angket dan dokumentasi. Uji coba validitas instrumen menggunakan korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas, uji linearitas, dan uji multikolinearitas. Uji hipotesis meliputi analisis regresi sederhana, analisis regresi ganda, sumbangan relatif dan sumbangan efektif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Pergaulan Teman Sebaya terhadap Prestasi Belajar Sejarah pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 PengasihKabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2016/2017 dengan rx1ysebesar 0,717; r2x1y sebesar 0,515; thitung sebesar 9,984 dan ttabel sebesar 1,664 pada taraf signifikansi 5%, (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Sejarah pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pengasih Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2016/2017 dengan rx2y sebesar 0,702; r2x2y sebesar 0,493; thitung sebesar 9,562 dan ttabel sebesar 1,664 pada taraf signifikansi 5%, (3) Terdapat pengaruh positif dan signifikan Pergaulan Teman Sebaya dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Sejarah pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Pengasih Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2016/2017 dengan Ry(1,2) sebesar 0,777; R2y(1,2) sebesar 0,603; Fhitung sebesar 70,717dan Ftabel sebesar 3,09 pada taraf signifikansi 5%.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto