IMPLEMENTASI METODE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X MIA 3 SMA N 1 BANGUNTAPAN BANTUL TAHUN AJARAN 2016/2017

Jimi Dwi Tristiantoro, , Indonesia

Abstract


Minat siswa terhadap pembelajaran sejarah di SMAN 1 Banguntapan Bantul belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana implementasi metode Make a Match untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kelas X MIA 3 SMAN 1 Banguntapan tahun ajaran 2016/2017, 2) mengetahui kelebihan dan kendala implementasi metode Make a Match untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Banguntapan tahun ajaran 2016/2017.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas model Kemmis dan Mc Taggart, yang terjadi dalam 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan angket. Validitas data menggunkan triangulasi teknik dan sumber. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualtatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Implementasi metode Make a Match dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran sejarah di kelas X MIA 3 SMA N 1 Banguntapan. Pada siklus I berdasarkan hasil observasi skor rata-rata minat belajar sebesar 70%, sedangkan berdasarkan hasil angket skor rata-rata minat belajar sebesar 71,17% dan telah mencapai indikator keberhasilan yaitu ≥67%. Pada siklus II peneliti menambahkan pemberian hadiah dan hukuman, berdasarkan hasil observasi siklus II skor rata-rata minat belajar menjadi 80%, sedangkan berdasarkan hasil angket didapatkan skor rata-rata minat belajar  sebesar 77,90% yang menunjukan peningkatan sebesar 6,73%. 2) Kelebihan implementasi metode Make a Match adalah siswa menjadi lebih senang, bersemangat dan berpartisipasi dalam pembelajaran sejarah. Kekurangan dari implementasi metode pembelajaran ini adalah suasana kelas menjadi tidak kondusif karena terdapat siswa yang berbuat gaduh

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto