IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ULAR TANGGA BERHADIAH UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH WAJIB PESERTA DIDIK KELAS XI MIA 3 SMA N 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Teguh Nur Salim,

Abstract


Minat belajar peserta didik dalam pembelajaran sejarah kelas XI MIA 3 SMAN 2 Yogyakarta belum optimal. Tujuan penelitian adalah mengetahui bagaimana meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran sejarah kelas XI MIA 3 SMAN 2 Yogyakarta dengan penerapan model Ular Tangga Berhadiah.

Penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis Taggart dan terjadi dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Validitas data melalui triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif.

Hasil penelitian ini menunjukan: (1) Pembelajaran sejarah dengan model pembelajaran Ular Tangga Berhadiah meningkatkan minat belajar peserta didik kelas XI MIA 3 SMAN 2 Yogyakarta TA 2016/2017. Berdasarkan hasil angket penerapan model Ular Tangga Berhadiah pada siklus I dihasilkan rata-rata minat belajar peserta didik sebesar 77,85%. Pada siklus II hasil angket mengalami peningkatan sebesar 79,6%; Dengan demikian, penerapan model Ular Tangga Berhadiah lebih optimal jika ditambah perlakuan dengan 2 hadiah untuk dua kelompok pemenang (2) Kelebihan penerapan model Ular Tangga Berhadiah yaitu peserta didik lebih senang dan antusias, peserta didik tidak bosan dalam belajar dan peserta didik lebih aktif serta bersemangat mengikuti pembelajaran, (3) Kendala yang dihadapi yaitu menuntut waktu yang cukup panjang, model Ular Tangga Berhadiah tidak bisa digunakan dalam beberapa waktu yang berkelanjutan, maksimal 2 atau 3 secara beruntun karena mengakibatkan peserta didik jenuh serta bosan dan pemberian hadiah berupa makanan ringan pada setiap siklus membutuhkan biaya yang cukup mahal sehingga memberatkan guru atau peneliti


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto