MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 2 DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PEMINATAN MELALUI IMPLEMENTASI METODE TAKE AND GIVE DI SMA NEGERI 1 KALASAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2016/2017

Enggar Primadito Sukasno,

Abstract


Minat siswa terhadap pembelajaran sejarah peminatan di SMA Negeri 1 Kalasan belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui bagaimana meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPS 2 dalam pembelajaran sejarah peminatan melalui implementasi metode Take and Give, (2) mengetahui kelebihan meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPS 2 dalam pembelajaran sejarah peminatan melalui implementasi metode Take and Give, (3) mengetahui kendala meningkatkan minat belajar siswa kelas XI IPS 2 dalam pembelajaran sejarah peminatan melalui implementasi metode Take and Give.

            Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan McTaggart yang terjadi dalam dua siklus. Proses pengambilan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan metode Take and Give dalam pembelajaran sejarah peminatan di kelas XI IPS 2 SMA Negeri 1 Kalasan Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2016/2017 dapat meningkatkan minat belajar sejarah siswa. Pada siklus I rata-rata minat siswa mencapai 75,17%. Pada siklus II penerapan metode Take and Give ditambah hadiah rata-rata minat siswa menjadi 86,62% yang menunjukkan peningkatan sebesar 11,45%. Penerapan metode Take and Give ditambah pemberian hadiah meningkatkan minat belajar sejarah siswa menjadi lebih optimal. (2) Kelebihan penerapan metode Take and Give adalah siswa lebih aktif, tidak merasa bosan, dan berfikir kritis. (3) Kendala penerapan metode Take and Give adalah beberapa siswa bergantung dengan siswa lainnya, beberapa siswa tidak ikut menyampaikan materi, dan menuntut waktu yang relatif panjang dalam proses diskusi dan presentasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto