EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN KOMIK MATERI PEMBELAJARAN PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI PADA HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS XII IPS SMA N 1 NGEMPLAK, SLEMAN TAHUN AJARAN 2016/2017

Cicilia Artika Wahyuningtyas, , Indonesia

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang kurang optimal yang disebabkan penggunaan metode pembelajaran yang kurang maksimal. Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui efektivitas penggunaan media komik pada pembelajaran sejarah di kelas XII IPS SMA N 1 Ngemplak, Sleman tahun ajaran 2016/2017 ditinjau dari hasil belajar peserta didik.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII IPS di SMA Negeri 1 Ngemplak, Sleman semester ganjil tahun ajaran 2016/2017, yang jumlah populasinya kurang dari 100, maka penelitian ini adalah penelitian populasi. Kelas eksperimen adalah kelas XII IPS 2 sedangkan kelas kontrol adalah kelas XII IPS 1. Rancangan penelitian menggunakan pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data melalui tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini, dilakukan menggunakan uji t. Uji effect size dilakukan untuk mengetahui pengaruh terhadap hasil belajar siswa.

Hasil analisis dengan menggunakan uji t diketahui bahwa nilai thitung4.648, sedangkan untuk nilai ttabel = 2.00dengan df=58 dengan taraf kepercayaan 95% (tarif signifikan 0.05). Berdasarkan nilai tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel (95% df=58). Hasil tersebut menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan media Komik dengan yang tidak menggunakan media Komik. Sedangkan uji effect size menunjukkan angka presentase yang tinggi. Berdasarkan perhitungan diperoleh effect size sebesar 0,6. Menurut hasil tersebut berdasarkan tabel interpretasi effect size dapat memberikan pengaruh terhadap hasil belajar sebesar 73 % dengan kategori cukup tinggi. Ini artinya pembelajaran sejarah dengan media Komik lebih efektif ditinjau dari hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto