REVOLUSI HIJAU DAN PERUBAHAN SOSIAL EKONOMI PETANI WANITA DI KABUPATEN SLEMAN TAHUN 1970-1984

Zuminati Rahayu,
Dyah Kumalasari M.Pd.,

Abstract


 Revolusi Hijau adalah kebijakan yang dikeluarkan oleh pemerintahan Soeharto yang dikhususkan pada pembangunan di sektor pertanian sehingga melalui program ini Indonesia berhasil mencapai swasembada beras tahun 1984. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Kondisi umum petani wanita sebelum adanya kebijakan Revolusi Hijau di Kabupaten Sleman; (2) Pelaksanaan kebijakan  Revolusi Hijau di Kabupaten Sleman;(3) Perubahan sosial ekonomi petani wanita pasca Revolusi Hijau di Kabupaten Sleman.
           Penelitian ini menggunakan metode sejarah Kuntowijoyo, terdiri dari lima langkah, yaitu:(1)pemilihan topik, yaitu penentuan masalah;(2) heuristik yaitu tahap peneliti dalam mengumpulkan sumber;(3)kritik sumber, merupakan tahapan menyaring secara kritis sumber sejarah yang didapatkan;(4)interpretasi merupakan penafsiran fakta sejarah;(5) historiografi yaitu menyajikan semua fakta dalam tulisan sejarah.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa:(1)Kondisi umum petani sebelum adanya Revolusi Hijau Kabupaten Sleman yaitu masyarakatnya masih bersifat tradisional dalam sistem pertaniannya. Ekonomi masyarakatnya masih bersifat agraris, sesuai dengan kondisi geografisnya;(2)Pelaksanaan kebijakan Revolusi Hijau Kabupaten Sleman diterapkan sejak tahun 1970. Pelaksanaanya pemerintah mengeluarkan program Bimas dan Panca Usaha Tani kepada masyarkat Kabupaten Sleman;(3) Perubahan sosial ekonomi yang dirasakan petani wanita pasca Revolusi Hijau adalah perubahan dari usaha tani yang bersifat subsisten menuju usaha tani yang lebih bersifat komersil. Perubahan positif ekonomi yang dirasakan oleh masyarakat tani di Kabupaten Sleman adalah peningkatan hasil panen yang melimpah. Masuknya berbagai alat modern dalam bidang pertanian juga mengakibatkan banyak wanita pedesaan yang tersingkirkan.


Kata Kunci: Revolusi Hijau, Perubahan Sosial Ekonomi Petani Wanita, Kabupaten Sleman.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto