FRANCISCUS GEORGIUS YOSEPHUS VAN LITH S.J.: KAJIAN SEJARAH PENDIDIKAN KATHOLIK DI JAWA TENGAH (1896-1926)
Dyah Kumalasari M.Pd.,
Abstract
Penulisan skripsi ini bertujuan: 1) Mendeskripsikan latar belakang kehidupan Romo van Lith; 2) menganalisis konsep pendidikan Romo van Lith di Jawa Tengah 1896-1926; (3) menganalisis pengaruh pendidikan Romo van Lith di Jawa Tengah 1896-1926.
Metode penelitian menggunakan metode sejarah kritis menurut Kuntowijoyo, yaitu pemilihan topik, pengumpulan sumber, verifikasi, intepretasi dan penulisan sejarah. Hasil penelitian menunjukan: 1) Franciscus Georgius Yosephus van Lith S.J. atau Romo van Lith merupakan misionaris yang berasal dari Belanda. Romo van Lith datang ke Jawa untuk melaksanakan tugas sebagai misionaris; (2) Konsep pendidikan Romo van Lith adalah memberikan pendidikan terbaik bagi anak-anak Jawa sehingga mereka mendapatkan posisi yang baik di masyarakat. Romo van Lith mendirikan Kolose Xaverius di Muntilan dengan sistem konvic. Model pendidikan sistem konvic adalah model pendidikan yang memadukan model pendidikan tradisional dan model pendidikan Barat dengan sistem sekolah berasrama. Terdapat lima macam pendidikan dalam Kolose Xaverius, yaitu pendidikan formal, spiritual, mental, musik, dan asrama; (3) Pendidikan Romo van Lith di Jawa Tengah tahun 1896-1926 memberikan pengaruh dalam bidang sosial-budaya, politik, dan agama.
Kata kunci: Pendidikan, van Lith, Jawa Tengah, Tahun 1896-1926
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
RISALAH
Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah
Penanggung Jawab : Dr. Dyah Kumalasari
Pimpinan Redaksi : Dr.Aman, M.Pd
Anggota Redaksi : Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd
Admin e-Jurnal : Triyanto