MENINGKATKAN AKTIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE JIGSAW DI SMA NEGERI I JOGONALAN KLATEN
Muh.Nur Rokhman M.Pd.,
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan model Cooperative Learning tipe Jigsaw dalam pembelajaran sejarah untuk meningkatkan aktivitas siswa kelas X A SMA Negeri I Jogonalan Klaten.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang setiap siklusnya mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan penerapan model Cooperative Learning tipe Jigsaw yang dipadukan dengan media power point, soal mencari kata, hukuman & hadiah dapat meningkatkan aktivitas siswa. Sebelum tindakan hasil observasi aktivitas mencapai 55% dan hasil angket aktivitas mencapai 58,51%. Pada siklus I hasil observasi aktivitas mencapai 61,25%, hasil angket aktivitas mencapai 64,53% dan hasil observasi aktivitas siswa mengalami peningkatan sebesar 6,25% dan hasil angket sebesar 6,02%. Pada siklus II hasil observasi aktivitas mencapai 68,75%, hasil angket aktivitas mencapai 72,66% dan hasil observasi aktivitas mengalami peningkatan 7,50% dan hasil angket sebesar 8,13%. Pada siklus III hasil observasi aktivitas mencapai 77,52%, hasil angket aktivitas mencapai 81,57% dan hasil observasi aktivitas mengalami peningkatan sebesar 8,75% dan hasil angket sebesar 8,92% . Kendala yang dihadapi adalah kurangnya waktu, siswa masih ramai dengan kelompok masing-masing karena itu kurang terciptanya suasana yang kondusif. Kelebihan penerapan model ini adalah meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran sejarah, siswa mempunyai rasa tanggungjawab, siswa tidak merasa bosan dan jenuh.
Kata kunci : Model Cooperative Learning tipe Jigsaw, Aktivitas
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
RISALAH
Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah
Penanggung Jawab : Dr. Dyah Kumalasari
Pimpinan Redaksi : Dr.Aman, M.Pd
Anggota Redaksi : Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd
Admin e-Jurnal : Triyanto