MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH MELALUI PENERAPAN METODE PROBLEM SOLVING DAN MUSIK KLASIK PADA SISWA KELASXII IPS 1 SMA MUHAMMADIYAH PURWOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013

Yanuar Andaris,
Muh.Nur Rokhman M.Pd.,

Abstract


Metode dalam proses pembelajaran memberi pengaruh terhadap peningkatan minat belajar siswa.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan metode problem solving dan musik klasik
untuk meningkatkan minat belajar sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMA Muhammadiyah Purworejo tahun ajaran
2012/2013. Penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas. Setiap siklus mencakup kegiatan perencanaan,
pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data adalah obervasi, wawancara, dan angket.
Validitas data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Analisis data yang digunakan
adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Penggunaan metode problem solving dan musik dapat
meningkatkan minat belajar sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMA Muhammadiyah Purworejo. Pada siklus I
sebelum tindakan presentase rata-rata minat belajar siswa mencapai 68,78%, pada siklus I setelah tindakan
mencapai 75,38%, dan siklus II mencapai 76,41%. Kekurangan yang dihadapi adalah siswa masuk kelas sedikit
terlambat pada waktu pergantian jam pelajaran dan siswa masih terlihat sedikit asing dengan metode problem
solving dan musik klasik. Kelebihan penerapan metode problem solving dan musik klasik yaitu siswa terdorong
untuk memiliki solidaritas antar teman yang baik untuk kinerja kelompoknya, siswa lebih fokus dalam
berdiskusi sembari mendengarkan musik klasik.
Kata Kunci: Metode Problem Solving, Musik Klasik, Minat Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks



RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto