UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN METODE MIND MAPPING DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 GAMPING
Supardi M.Pd.,
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) upaya meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa menggunakan metode Mind Mapping dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Gamping Sleman; (2) peningkatan minat dan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Gamping Sleman setelah diterapkannya metode Mind Mapping.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian tindakan ini terjadi dalam dua siklus yang pada setiap siklusnya terdiri dari empat komponen yaitu perencanan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, wawancara, tes dan dokumentasi. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Gamping Sleman.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) upaya meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa menggunakan metode Mind Mapping dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut: guru membagi siswa secara berkelompok, siswa bersama guru mencari topik yang menarik, siswa dipersilahkan diskusi dan mempresentasikan hasil diskusi. Ada penyesuaian/modifikasi yaitu dengan memberikan Hand Out dan gambar penunjang, (2) penggunaan metode Mind Mapping dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil observasi, wawancara, angket yang menunjukkan minat belajar siswa dalam pembelajaran sejarah dan prestasi belajar sejarah meningkat. Peningkatan minat dapat dilihat dari rata-rata persentase observasi minat siswa pada siklus I sebesar 65,80%, pada siklus II menjadi 76,29%. Rata-rata persentase angket minat siswa pada siklus I sebesar 72,18% pada siklus II menjadi 80,23%. Prestasi belajar mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 71,61% menjadi 78,12 pada siklus II. Peningkatan sudah memenuhi kriteria keberhasilan tindakan yaitu ≥75, sehingga penelitian ini dikatakan berhasil.
Kata Kunci: Minat belajar, Prestasi belajar dan Metode Mind Mapping
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
RISALAH
Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah
Penanggung Jawab : Dr. Dyah Kumalasari
Pimpinan Redaksi : Dr.Aman, M.Pd
Anggota Redaksi : Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd
Admin e-Jurnal : Triyanto