PENERAPAN METODE COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 PIYUNGAN TAHUN AJARAN 2013/2014

Widowati Kusuma Wardhani,

Abstract


Pembelajaran sejarah sejauh ini masih dilakukan secara konvensional, lebih banyak
menggunakan metode ceramah, akibatnya prestasi belajar siswa kurang optimal. Tujuan
penelitian ini adalah mengetahui bagaimana cara meningkatkan prestasi belajar sejarah
melalui penerapan metode Cooperative Integrated Reading and Compsition pada siswa
kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Piyungan, kendala serta kelebihan yang dihadapi.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terjadi 3 siklus.
Setiap siklusnya mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber
data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Proses pengambilan data dalam
penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan tes hasil belajar. Validitas data yang
digunakan dalam penelitian ini dengan triangulasi sumber data dan metode. Analisis data
menggunakan analisis kualitatif dan kuantatif.
Hasil penelitian menunjukan pelaksanaan pembelajaran melalui penerapan metode
Cooperative Integrated Reading and Compsition yang diawali dengan membentuk siswa
menjadi 4-6 kelompok, memberikan wacana/kliping berdasarkan topik pembelajaran,
siswa bekerjasama saling menemukan ide pokok dan memberi tanggapan terhadap
tanggapan terhadap wacana/kliping dan dituliskan dalam selembar kertas, kemudian
mempersentasikan/membacakan hasil kelompok, guru membuat kesimpulan, penutup,
penambahan perlakuan dengan mengingatkan siswa untuk mempelajari materi
selanjutnya sebelum pembelajaran dilaksanakan, disamping itu dikolaborasikan dengan
pencarian refrensi diskusi dari buku dan internet, penggunaan media gambar, hand out,
dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Pada siklus I rata-rata nilai prestasi belajar
siswa meningkat dari 56,53 menjadi 75,76. Pada siklus II meningkat dari 58,51
menjadi79,2. Pada siklus III meningkat dari 68,46 menjadi 85. Kelebihan penerapan
metode ini siswa menjadi lebih aktif dalam pembelajaran. Kendala yang dihadapi yaitu
suasana kelas yang kurang kondusif.


Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Metode CIRC, Prestasi Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto