IMPLEMENTASI METODE HOT CHAIR DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 2 PLAYEN GUNUNG KIDUL

Senja Arumsari Wulandari,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi metode Hot Chair untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 2 Playen.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipasif, dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart yang dilaksanakan dengan tahapan perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan serta refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMA N 2 Playen dengan subyek penelitian adalah 31 siswa pada kelas XI IPS 1 SMA N 2 Playen. Penelitian berlangsung dalam dua siklus yang terdiri dari 4 kali pertemuan. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, angket, catatan lapangan, serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif sederhana.

Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan metode Hot Chair pada kelas XI IPS 1 SMA N 2 Playen dapat meningkatkan keaktifan siswa. Dari hasil observasi keaktifan belajar pada siklus siklus I diperoleh rata-rata sebesar 62,04%, pada siklus II rata-rata keaktifan belajar siswa meningkat menjadi 87,31%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Hot Chair dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sejarah.

 

Kata Kunci : keaktifan belajar siswa, mata pelajaran sejarah, hot chair


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto