IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR IPS MATERI SEJARAH KELAS X PERAWAT B SMK INSAN MULIA YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

ERIK MUDIKA PUTRA,

Abstract


Pembelajaran konvensional yang dominan menggunakan ceramah menyebabkan siswa bosan  yang akhirnya motivasi belajar menjadi tidak optimal. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana implementasi model Snowball Throwing untuk meningkatkan motivasi belajar IPS materi sejarah pada siswa kelas X Perawat B SMK Insan Mulia Yogyakarta Tahun Ajaran 2015/2016.

Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif yang terdiri dari 2 siklus. Setiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari guru dan siswa. Proses pengambilan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket motivasi belajar.Validitas data yang digunakan dalam penelitian inidengan triangulasi, yang terdiri dari triangulasi sumber data dan metode. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran sejarah dengan menggunakanModel Snowball Throwing yang dikolaborasikan dengan hadiah dan media Power Point secara umum dapat meningkatkan motivasi belajar. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan yang terjadi pada setiap siklusnya. Pada siklus I, motivasi belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 0,94, pre tindakan 51,06 poin ke 52,00 poin. Pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 24,18 dari 52,00  poin ke 76,18 point. Perubahan suasana kelas pada siklus I ke siklus II ditandai dengan (1) perhatian siswa yang aktif dan rasa ingin tahu yang besar mengenai materi yang dipelajari dan diajarkan, (2) interaksi antar anggota kelompok berjalan kritis dan rajin bertanya mengenai pembelajaran IPS materi sejarah, dan (3) proses belajar mengajar menjadi lebih hidup cenderung tidak monoton dari pembelajaran terdahulu.  Kendala yang dihadapi selama penelitian ini adalah kekurangan waktu pada proses pembelajaran siklus I dan II karena model Snowball Throwing akan lebih efektif jika membutuhkan alokasi yang cukup lama. Kelebihannya adalah teknik dan model pembelajaran menjadi menyenangkan dan siswa semangat, motivasi belajar meningkat.

                                                                               

Kata kunci: Penerapan Model Snowball Throwing, motivasi belajar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto