STRATEGI PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 2 BANTUL

Devi Nur Anggraini,

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya prestasi sejarah yang dicapai oleh siswa SMA
Negeri 2 Bantul, sehingga perlu dikaji lebih mendalam mengenai strategi pembelajaran
sejarah di SMA Negeri 2 Bantul Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi
pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Bantul, hambatan penerapan strategi pembelajaran di
SMA Negeri 2 Bantul, dan hasil penerapan strategi pembelajaran di SMA Negeri 2 Bantul.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian naturalistik yang dilakukan di SMA Negeri 2
Bantul. Proses pengambilan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen
penelitian ini terdiri dari kendali wawancara, kendali observasi, dan kendali dokumentasi.
Validitas data menggunakan triangulasi yang terdiri dari triangulasi sumber dan triangulasi
teknik. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model interaktif menurut
Miles dan Huberman terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) strategi pembelajaran yang
digunakan oleh guru sejarah di SMA Negeri 2 Bantul adalah strategi pembelajaran
kontekstual dan strategi pembelajaran discovery atau penemuan, 2) hambatan dalam
penerapan strategi pembelajaran sejarah di SMA Negeri 2 Bantul adalah: a) manajemen
waktu, guru merasa kesulitan dalam mengalokasikan waktu dalam proses pembelajaran
sejarah, b) siswa kurang kritis dalam menerima materi sejarah , dan c) ketersediaan buku,
buku paket sejarah di SMA Negeri 2 Bantul sudah lengkap namun untuk buku pendukung
buku paket sejarah belum lengkap, 3) hasil penerapan strategi pembelajaran di SMA Negeri
2 Bantul berupa hasil belajar siswa dari ranah kognitif yang dibuktikan dari pencapaian nilai
siswa yang diatas KKM, ranah afektif yang dibuktikan dari kejujuran siswa, tanggung jawab,
sikap mandiri dan sikap menerima kekalahan, ranah psikomotorik yang dibuktikan dari
ketrampilan siswa dalam melakukan penelitian dan menuliskan hasil penelitian, serta prestasi
siswa dibidang sejarah yang dibuktikan dari keberhasilan siswa mendapatkan juara 1
Nasional Lomba Lawatan Sejarah Nasional.
Kata kunci: Strategi, Pembelajaran Sejarah, SMA Negeri 2 Bantul

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto