PENGARUH MOTIVASI DAN PENGGUNAAN INTERNET TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI MAN 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2015/2016

Muhammad Iksan Zakaria,

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh motivasi belajar dan penggunaan internet dalam pembelajaran yang belum berjalan secara maksimal, hal ini menjadikan prestasi belajar siswa kurang optimal. Peneltian ini bertujuan: (1) untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran sejarah di MAN 2 Yogyakarta; (2) mengetahui pengaruh penggunaan internet belajar terhadap prestasi belajar pada mata pelajaran sejarah di MAN 2 Yogyakarta; (3) mendeskrpsikan pengaruh motivasi belajar dan penggunaan media internet terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di MAN 2 Yogyakarta.Penelitian ini termasuk ex-post facto, dimana penelitian hanya mengungkapkan data/fakta yang ada di lapangan untuk mengetahui pengaruh antar variabel yang akan diteliti yaitu variabel bebas (Motivasi belajar dan penggunaan internet) dan variabel terikat (prestasi belajar). Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MAN 2 Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Jumlah subyek dalam penelitian ini adalah 66 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk pengambilan data tetang variabel motivasi dan penggunaan internet, sedangkan dokumentasi digunakan untuk mengetahui prestasi belajar sejarah. Pengujian hipotesis dengan menggunakan teknik korelasi product moment dan analisis regresi ganda, setelah uji prasyarat analisis dilakukan. Hasil penelitian menujukkan 1) ada pengaruh positif dan signifikan antara motivasi dengan prestasi belajar siswa, dibuktikan nilai rhitung sebesar 0,431 lebih besar dari rtabel 0,244. 2) ada pengaruh positif dan signifikan antara penggunaan internet dengan prestasi belajar siswa, dibuktikan nilai rhitung sebesar 0,832 lebih besar dari rtabel 0,244. 3) ada pengeruh positif dan signifikan secara bersama-sama antara motivasi belajar dan penggunaan internet dengan prestasi belajar, dibuktikan nilai fhitung sebesar 12,726 lebih besar dari ftabel 3,14 dengan nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05. Besarnya koefisien determinasi (R2) sebesar 0,148, artinya sebesat 14,8% prestasi  belajar sejarah dipengaruhi oleh motivasi dan penggunaan internet sedangkan sisanya 85,2% dipengaruhi oleh faktor lain.

Kata kunci: motivasi belajar, penggunaan internet, prestasi belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto