KESULITAN-KESULITAN PESERTA DIDIK DALAM MEMPELAJARI SEJARAH DI SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMK Negeri 5 Yogyakarta. Hal ini mengindikasikan adanya kesulitan belajar yang dihadapi siswa di SMK Negeri 5
Yogyakarta. Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) kesulitan-kesulitan yang dihadapi peserta didik, dan (2)
cara guru mengatasi kesulitan-kesulitan peserta didik dalam mempelajari mata pelajaran sejarah di SMK Negeri 5
Yogyakarta. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah Guru mata pelajaran sejarah sebanyak 3 guru dan peserta didik sebanyak 9 orang. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan metode. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) kesulitan-kesulitan yang dihadapi terdiri dari (a) faktor internal berupa minat belajar rendah, materi dianggap sulit, rendahnya tingkat
intelegensi, kebiasaan belajar kurang disiplin; dan (b) faktor eksternal berupa metode pembelajaran masih
menggunakan metode diskusi, ceramah, persentasi, media LCD banyak yang rusak, minimnya sumber bacaan, frekuensi membaca buku pembelajaran sejarah rendah, dan sarana prasarana kurang mendukung; (2) cara guru mengatasi kesulitan belajar melalui remidi yaitu guru mereview materi yang dirasa sulit, menggunakan media mind mapping. Sedangkan, cara guru mengatasi kesulitan belajar pada saat kegiatan belajar mengajar yaitu memberikan materi tambahan, memberikan evaluasi serta teguran, mengumpulkan data tentang kemajuan siswa dalam pembelajaran sejarah, mengamati tingkah laku peserta didik, mengenal peserta didik yang memerlukan bantuan khusus, mengadakan komunikasi dengan orang tua, membuat catatan pribadi, menyelenggarakan bimbingan kelompok ataupun individual.
Kata kunci: kesulitan siswa, mempelajari sejarah, SMK 5 Negeri Yogyakarta
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
RISALAH
Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah
Penanggung Jawab : Dr. Dyah Kumalasari
Pimpinan Redaksi : Dr.Aman, M.Pd
Anggota Redaksi : Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd
Admin e-Jurnal : Triyanto