¬¬¬¬UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE GROUP INVESTIGATION SISWA KELAS XI IPS I SMA NEGERI 3 KLATEN JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2017/2018

Umi Sholichah,

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana upaya meningkatkan minat belajar sejarah siswa kelas XI IPS I SMA Negeri 3Klaten melalui penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Tipe Group Investigation. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis. S dan Taggart. R, terjadi dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Validitas data melalui triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil angket, penerapanGroup Investigationpada siklus I dihasilkan rata-rata minat belajar siswa sebesar 73,60% dari hasil pra siklus sebesar 65,85% meningkat sebesar 7,7%. Hasil observasi minat pada siklus I adalah 78,57%. Pada siklus II dengan penambahan hadiah dihasilkan rata-rata minat belajar sebesar 79,42%, meningkat sebesar 5,85%. Hasil observasi minat pada siklus II sebesar 80,95% dari sebelumnya pada observasi siklus I sebesar 78,57% meningkat sebesar 2,38%. Demikian, penerapan Metode Pembelajaran Cooperative tipe Group Investigation lebih optimal tambah dengan pemberian hadiah.

 

Kata kunci : Minat Belajar, Cooperative tipe Group Investigation


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto