PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA PONDOK PESANTREN MODERN MUHAMMADIYAH BOARDING SCHOOL YOGYAKARTA

Tifanindya Ekaputri,

Abstract


Hasil penelitian menunjukan (1) Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran sejarah metode dan strategi pendidikan karakter yang digunakan yaitu strategi keteladanan, strategi pembiasaan, metode peer lesson dan metode ceramah. Nilai karakter yang ditanamkan pembelajaran sejarah yang paling ditekankan adalah nasionalisme adapun nilai lainnya religius, disiplin, mandiri, rasa ingin tahu, jujur, kepemimpinan dan tanggung jawab (2) Kendala yang dihadapi dalam penerapan pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah di SMA Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta yaitu, karakter atau kemampuan santri yang berbeda-beda, belum maksimal kemampuan ustadz dan ustadzah dalam mengembangkan strategi pembelajaran, kelabilan sikap santri. Solusi untuk menghadapi kendala dalam penerapan pendidikan karakter melalui pembelajaran sejarah di SMA Pondok Pesantren Modern Muhammadiyah Boarding School Yogyakarta yaitu, adanya ujian masuk pada saat penerimaan santri baru, memberikan kajian yang berisi himbauan tentang penerapan pendidikan karakter pengarahan tentang nilai karakter. Adanya pembinaan terhadap santri dan pengunaan metode lain untuk penerapan nilai karakter

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto