IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS X IIS 3 DI SMA N 1 PLERETKABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Zulfa Kurniasari,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa kelas X IIS 3 SMAN 1 Pleret Kabupaten Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018 melalui penerapan model pembelajaran Teams Game Tournament (TGT). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data dari penelitian ini diperoleh dari angket, observasi, dokumentasi, dan wawancara. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data kulitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan Implementasi TGT  dapat meningkatkan motivasi belajar sejarah siswa kelas X IIS 3 SMA N 1 Pleret Kabupaten Bantul Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018. Hal tersebut ditunjukkan hasil angket motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 70,61% meningkat 7,57% dari Pra Siklus sebesar 63,04%. Pada siklus II penerapan TGT ditambah dengan video dan reward hasil angket motivasi belajar siswa sebesar 73,15% meningkat 2,54% dari siklus I. Dengan demikian untuk lebih meningkatkan motivasi belajar siswa implementasi model pembelajaran TGT perlu ditambahkan dengan video dan reward.

 

Kata Kunci:  Teams Games Tournament (TGT), motivasi belajar, SMA N 1 Pleret


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto