PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH DALAM KURIKULUM 2013 DI SMK NEGERI KECAMATAN WONOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA

Wisnu Panji Pramono,

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Sejarah dengan kurikulum 2013 di SMK Negeri Wonosari. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Pelaksanaan pembelajaran Sejarah dalam Kurikulum 2013 di SMK Negeri 1 Wonosari telah berjalan dengan baik. Kendala yang dihadapi adalah pengurangan jam pembelajaran Sejarah. (2) Pelaksanaan pembelajaran Sejarah dalam Kurikulum 2013 di SMK Negeri 2 Wonosari telah berjalan dengan baik. Kendala yang dihadapi adalah mendapatkan pendekatan pembelajaran yang paling tepat bagi siswa. (3) Pelaksanaan pembelajaran Sejarah dalam Kurikulum 2013 di SMK Negeri 3 Wonosari telah berjalan dengan baik. Kendala yang dihadapi adalah meningkatkan motivasi siswa dalam mempelajari Sejarah.

 

Kata Kunci: kurikulum 2013, SMK, sejarah.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto