DINAMIKA KURIKULUM PENDIDIKAN DI INDONESIA PADA TAHUN 1945-1965
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) pendidikan Indonesia pada masa awal kemerdekaan; (2) dinamika kurikulum pendidikan di Indonesia pada tahun 1945-1959; dan (3) dinamika kurikulum pendidikan di Indonesia pada tahun 1959-1965. Hasil penelitian ini adalah: (1) pendidikan Indonesia pada masa awal kemerdekaan didasarkan pada kebudayaan nasional. Namun, dalam penyelenggaraannya mengalami banyak hambatan akibat revolusi fisik pada tahun 1945 sampai 1950; (2) kurikulum yang digunakan di Indonesia pada tahun 1945-1965 adalah Rencana Pelajaran 1947 bagi sekolah dasar. Kurikulum sekolah menengah atas sampai tahun 1950 masih mengunakan kurikulum AMS. Sementara, kurikulum untuk sekolah menengah pertama, merupakan lanjutan dari MULO. Pada tahun 1952, munculnya Rencana Pelajaran Terurai 1952 sebagai pengembangan dari Rencana Pelajaran 1947; (3) kurikulum pendidikan Indonesia pada tahun 1955 sampai 1965 mengalami beberapa perubahan yaitu, Kurikulum Gaya Baru untuk SMA dan SMP serta Rencana Pendidikan Tahun 1964. Pada masa ini, Civics dimasukkan dalam susunan mata pelajaran yang merupakan awal dari pendidikan ideologi dalam kurikulum.
Kata Kunci: Dinamika, kurikulum.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
RISALAH
Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah
Penanggung Jawab : Dr. Dyah Kumalasari
Pimpinan Redaksi : Dr.Aman, M.Pd
Anggota Redaksi : Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd
Admin e-Jurnal : Triyanto