PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH TERHADAP SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS XI IPS SMA N 2 MAGELANG, JAWA TENGAH TAHUN AJARAN 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui (1) pengaruh disiplin belajar terhadap sikap nasionalisme siswa kelas XI IPS SMA N 2 Magelang, Jawa Tengah Tahun Ajaran 2017/2018; (2) pengaruh prestasi belajar Sejarah terhadap sikap nasionalisme siswa kelas XI IPS SMA N 2 Magelang, Jawa Tengah Tahun Ajaran 2017/2018; (3) pengaruh disiplin belajar dan prestasi belajar Sejarah terhadap sikap nasionalisme siswa kelas XI IPS SMA N 2 Magelang, Jawa Tengah Tahun Ajaran 2017/2018. Penelitian ini termasuk penelitian populasi karena siswa kelas XI IPS berjumlah 96 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disiplin belajar terhadap sikap nasionalisme, dimana rhitung sebesar 0,579 > rtabel pada n = 96 taraf sig. 5% sebesar 0,199; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara prestasi belajar Sejarah terhadap sikap nasionalisme, dimana rhitung sebesar 0,289 > rtabel pada n = 96 dengan taraf sig. 5% sebesar 0,199; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara disiplin belajar dan prestasi belajar sejarah dengan sikap nasionalisme, dimana fhitung 27,386 > ftabel pada n = 96 dengan taraf sig. 5% sebesar 3,09.
Kata kunci: disiplin belajar, prestasi belajar sejarah, sikap nasionalisme
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
RISALAH
Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah
Penanggung Jawab : Dr. Dyah Kumalasari
Pimpinan Redaksi : Dr.Aman, M.Pd
Anggota Redaksi : Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd
Admin e-Jurnal : Triyanto