HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH DENGAN KESADARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017-2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) hubungan antara motivai dengan kesadaran sejarah; 2) hubungan antara prestasi belajar dengan kesadaran sejarah; 3) hubungan antara motivasi dan prestasi belajar sejarah dengan kesadaran sejarah pada siswa kelas X SMA Negeri 11 Yogyakarta tahun ajaran 2017-2018. Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan sampel sebanyak 97 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukan 1)hubungan
antara motivasi dan kesadaran sejarah dengan
0,504,
5,686, 2)hubungan anatara prestasi
belajar sejarah dengan kesadaran sejarah dengan
1,52,
1,702 3)hubungan antara motivasi
dan prestasi belajar sejarah dengan kesadaran
sejarah
16,027 >
3,94 pada taraf
signifikansi 5%. Sumbangan relatif motivasi 96,33 % dan prestasi belajar 3,67%. Sumbangan efektif variabel motivasi belajar 48,55% dan prestasi belajar 0,93%.
Kata kunci : Motivasi, prestasi belajar, kesadaran sejarah
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
RISALAH
Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah
Penanggung Jawab : Dr. Dyah Kumalasari
Pimpinan Redaksi : Dr.Aman, M.Pd
Anggota Redaksi : Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd
Admin e-Jurnal : Triyanto