HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH DENGAN KESADARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 11 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017-2018

Nuryuana Dwi Wulandari,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) hubungan antara motivai dengan kesadaran sejarah; 2) hubungan antara prestasi belajar dengan kesadaran sejarah; 3) hubungan antara motivasi dan prestasi belajar sejarah dengan kesadaran sejarah pada siswa kelas X SMA Negeri 11 Yogyakarta tahun ajaran 2017-2018. Penelitian ini menggunakan metode korelasional dengan sampel sebanyak 97 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukan 1)hubungan

 

antara motivasi dan kesadaran sejarah dengan

0,504,

5,686, 2)hubungan anatara prestasi

belajar sejarah dengan kesadaran sejarah dengan

1,52,

1,702 3)hubungan antara motivasi

dan  prestasi  belajar  sejarah  dengan  kesadaran

sejarah

16,027  >

3,94  pada  taraf

 

signifikansi 5%. Sumbangan relatif motivasi 96,33 % dan prestasi belajar 3,67%. Sumbangan efektif variabel motivasi belajar 48,55% dan prestasi belajar 0,93%.

 

Kata kunci : Motivasi, prestasi belajar, kesadaran sejarah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto