PENGARUH GAYA BELAJAR DAN IKLIM KELAS TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 GAMPING, SLEMAN, YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Yustina Wigati,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh gaya belajar terhadap prestasi belajar Sejarah; (2) pengaruh iklim kelas terhadap prestasi belajar Sejarah; (3) pengaruh gaya belajar dan iklim kelas secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Sejarah siswa kelas X SMA Negeri 1 Gamping, Sleman, Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan sampel sebanyak 97 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket.. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya belajar terhadap prestasi belajar Sejarah dengan rx1y = 0,598 dan thitung = 7,267; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara iklim kelas terhadap prestasi belajar Sejarah dengan rx2y = 0,636 dan thitung = 8,030; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara gaya belajar dan iklim kelas secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Sejarah dengan Fhitung = 53,185 > Ftabel = 3,09 pada taraf signifikansi 5%. Sumbangan Relatif variabel gaya belajar 44,5% dan iklim kelas 55,5%. Sumbangan Efektif variabel gaya belajar 23,6% dan iklim kelas 29,5%.

 

Kata kunci: gaya belajar, iklim kelas, prestasi belajar Sejarah

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto