INTERNALISASI NILAI-NILAI NASIONALISME PADA PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 1 PUNDONG

Wisnu Mustofa,

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebudayaan-kebudayaan sekolah yang ada di SMA Negeri 1 Pundong merujuk pada kebudayaan lokal. Hal ini dapat terlihat jelas dari segi fisik sekolah yang dihiasi oleh ornament batik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui internalisasi nilai-nilai nasionalisme pada pembelajaran sejarah serta mengetahui kendala atau hambatan yang dihadapi dalam internalisasi nilai-nilai nasionalisme pada pembelajaran sejarah dan upaya untuk mengatasi hambatan yang dialami. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Pundong. Subjek dari penelitian ini terdiri dari: Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah bidang kurikulum, tiga guru mata pelajaran sejarah, dan sepuluh siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Teknik analisis data model interaktif menggunakan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa internalisasi nilai-nilai nasionalisme pada pembelajaran sejarah dimulai dari perencanaan pembelajaran, dengan guru memasukan nilai-nilai yang terkandung dalam materi ke dalam rencana pelaksanaan pembelajaran.

 

Kata Kunci: Nasionalisme, Pembelajaran Sejarah, SMA Negeri 1 Pundong


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto