PENGARUH KECERDASAN SPIRITUAL DAN PERHATIAN ORANG TUA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH WAJIB SISWA KELAS XI MIPA DI SMA 2 BANTUL YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar sejarah wajib (2) pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar sejarah wajib, dan (3) pengaruh kecerdasan spiritual dan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar sejarah wajib siswa kelas XI MIPA SMAN 2 Bantul Yogyakarta. Penelitian ini kuantitatif dengan metode korelasi. Populasi penelitian berjumlah 133 siswa dengan sampel sebanya 88 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan:(1)terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan spiritual terhadap prestasi belajar sejarah wajib, dengan nilai thitung>ttabel (6,700>1,987), signifikansi 0,000<0,05;
(2) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara perhatian orang tua terhadap prestasi belajar sejarah wajib, dengan nilai thitung > ttabel (56,920>1,987), signifikansi 0,000<0,05; dan
(3) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kecerdasan spiritual dan perhatian orang
tua terhadap prestasi belajar sejarah wajib, dibuktikan dengan nilai Fhitung>Ftabel (33,390>3,10); nilai signifikansi 0,000<0,05; dan nilai R2 sebesar 44,0%.
Kata Kunci: Kecerdasan Spiritual, Perhatian Orangtua, dan Prestasi Belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
RISALAH
Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah
Penanggung Jawab : Dr. Dyah Kumalasari
Pimpinan Redaksi : Dr.Aman, M.Pd
Anggota Redaksi : Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd
Admin e-Jurnal : Triyanto