PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN SEJARAH SISWA KELAS XI IPS 1 SMA NEGERI 1 MINGGIR SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui peningkatan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran sejarah di kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Minggir Sleman Yogyakarta dengan penerapan model pembelajaran Picture and Picture. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Mc. Taggart terjadi dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran sejarah dengan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 1 Minggir tahun ajaran 2017/2018. Hal ini dibuktikan berdasarkan hasil angket prasiklus sebesar 64,68% dan hasil observasi sebesar 61,67%, setelah diterapkan model pembelajaran Picture and Picture pada siklus 1 hasil angket mengalami kenaikan sebesar 11,28% menjadi 76,14% dan hasil observasi meningkat sebesar 20% menjadi 81,67%. Pada siklus II penerapan model pembelajaran Picture and Picture dengan ditambahkan pemberian reward hasil angket meningkat 5,41% dari siklus 1 menjadi 81,55% dan hasil observasi meningkat 6,66% dari siklus 1 menjadi 88,33%, dengan demikian motivasi belajar siswa dapat lebih optimal dengan tambahan pemberian reward untuk kelompok terbaik.
Kata kunci : Motivasi belajar, Mata pelajaran sejarah, Picture and Picture
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
RISALAH
Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah
Penanggung Jawab : Dr. Dyah Kumalasari
Pimpinan Redaksi : Dr.Aman, M.Pd
Anggota Redaksi : Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd
Admin e-Jurnal : Triyanto