PENGEMBANGAN MEDIA BOARD GAME SEJARAH TENTANG DINAMIKA POLITIK MASA DEMOKRASI LIBERAL PADA PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X SMK NEGERI 2 YOGYAKARTA

Erna Wati Erna Wati,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran berupa board game Sejarah tentang Demokrasi Liberal 1950-1959 yang bisa digunakan di kelas X SMK Negeri 2 Yogyakarta, (2) Mengetahui kelayakan penggunaan board  game sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan atau R&D (reasearch and development). Prosedur penelitian mengacu pada model pengembangan Robert Maribe Branch (Intructional Design: The ADDIE Approach, 2009) yang terdiri dari lima tahap yatu (1) analysis (analisis), (2) design (desain), (3) development (pengembangan), (4) implementation (implementasi), dan (5) evaluation (evaluasi). Hasil penelitian pengembangan ini adalah (1) media pembelajaran berupa board game tentang Demokrasi Liberal 1950-1959 yang terdiri dari 8 komponen, (2) Hasil validasi uji kelayakan board game oleh dosen ahli materi menunjukkan nilai rerata 3,53 dan oleh dosen ahli media menunjukkan nilai rerata 3,56 dengan kategori “sangat layak”. Hasil uji coba produk terbatas menunjukkan nilai rerata 3,28 dan uji coba pemakaian menunjukkan nilai rerata 3,26 dengan kategori “sangat layak”. Jadi, dari data yang diperoleh peneliti menunjukkan media board game ini mendapatkan kategori “Sangat Layak” untuk digunakan.

 

Kata Kunci: media pembelajaran, board game Sejarah, Demokrasi Liberal 1950-1959


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto