PENERAPAN TEKA-TEKI SILANG UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KELAS X TEKNIK SIPIL DI SMK NEGERI 2 WONOSARI YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Muhammad Hanif Burhanuddin,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan motivasi pembelajaran sejarah kelas X Teknik Sipil di SMK Negeri 2 Wonosari Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018 melalui penerapan teka-teki silang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang mengacu pada desain penelitian Kemmis dan Taggart, terjadi dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan penerapan teka-teki silang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X Teknik Sipil di SMK Negeri 2 Wonosari Yogyakarta Tahun Ajaran 2017/2018. Pada siklus I rata-rata angket motivasi belajar siswa sebesar 76,81% meningkat sebesar 0,49% dari prasiklus. Sedangkan hasil observasi siklus I 77,27% meningkat sebesar 9,09% dari prasiklus. Pada siklus II penerapan teka-teki silang dilakukan dengan penambahan media audio visual dan reward dengan rata-rata angket motivasi belajar siswa sebesar 82,3% meningkat 5,49% dari siklus I. Sedangkan hasil observasi 81,81% meningkat 4,54% dari siklus I. Dengan demikian penerapan teka-teki silang lebih optimal jika di tambahkan media audio visual dan reward.

 

Kata Kunci: Motivasi belajar, teka-teki silang, pembelajaran sejarah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto