EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING TERHADAP PRESTASI BELAJAR SEJARAH KELAS XI MIPA V SMA N 1 BANTUL TAHUN AJARAN 2017/2018

Mufi Fathuroh,

Abstract


Penelitian dilatarbelakangi oleh prestasi belajar peserta didik yang belum optimal. Tujuan penelitian adalah mengetahui efektivitas pembelajaran sejarah dengan menggunakan metode Role Playing terhadap prestasi belajar sejarah kelas XI MIPA V SMA N 1 Bantul tahun ajaran 2017/2018. Merupakan penelitian eskperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penentuan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel kelas eskperimen adalah XI MIPA V dan kelas kontrol adalah XI MIPA VI. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Validitas instrumen menggunakan teknik expert judgement. Pengujian hipotesis menggunakan Uji-t dan uji effect size. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata nilai pretest dan postest kelas eksperimen sebesar 62.88 dan 76.00. Sedangkan rata-rata nilai pretest dan postest kelas kontrol sebesar 63.53 dan 66.18. Pengujian hipotesis menghasilkan thitung 2.49, ttabel 2.00, df=67 dan taraf kepercayaan 95%, sehingga menghasilkan thitung > ttabel. Pengujian Effect Size kelas eskperimen menunjukkan angka 0.73. Berdasarkan tabel interpretasi, menunjukkan pengaruh perlakuan sebesar 76% dengan kategori cukup tinggi. Disimpulkan bahwa pembelajaran sejarah menggunakan metode Role Playing lebih efektif karena memberikan pengaruh cukup tinggi terhadap hasil belajar.

 

Kata Kunci : Pembelajaran Sejarah, Metode Role Playing, Efektivitas


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto