PENGEMBANGAN MEDIA KARTU KUARTET MATERI KERAJAAN-KERAJAAN ISLAM DI JAWA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA SMK KELAS X

Hani Lathifah ‘Azmii,

Abstract


Latar belakang penelitian dan pengembangan ini adalah rendahnya prestasi belajar siswa yang disebabkan oleh kurangnya penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa kartu kuartet materi kerajaan-kerajaan Islam di Jawa untuk meningkatkan prestasi belajar sejarah siswa kelas X, mengetahui kelayakan media kartu kuartet dari segi media dan materi, serta mengetahui efektivitas penggunaan media kartu kuartet. Pengembangan media kartu kuartet ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) model penelitian Borg and Gall dengan menggunakan 6 dari 10 langkah penelitian. Hasil yang diperoleh: menghasilkan media pembelajaran berupa kartu kuartet materi kerajaan-kerajaan Islam di Jawa untuk meningkatkan prestasi belajar, kelayakan yang diperoleh adalah skor 4.8 oleh ahli media dengan kriteria sangat baik dan skor 4 oleh ahli materi dengan kriteria baik. Hasil uji lapangan awal dari guru mendapat skor 4.7 dengan kriteria sangat baik dan hasil dari 18 siswa mendapatkan skor 3.88 dengan kriteria baik, penggunaan media kartu kuartet pada proses pembelajaran didapatkan prestasi belajar yang meningkat dengan rata rata nilai pretest 42.24 menjadi posttest 76.09. Dari hasil pengembangan maka media kartu kuartet dapat dinyatakan efektif.

 

Kata kunci: media pembelajaran sejarah, kartu kuartet, kerajaan-kerajaan Islam di Jawa, SMK kelas X


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto