¬¬¬¬UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PEMBELAJARAN SEJARAH MELALUI PENERAPAN METODE GALLERY WALK Di KELAS XI MIPA 6 SMA N 5 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Fu’adida Nur Aini,

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran sejarah kelas XI MIPA 6 SMA Negeri 5 Yogyakarta melalui penerapan Metode Gallery Walk. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis. S dan Taggart. R, terjadi dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan wawancara. Validitas data melalui triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Berdasarkan hasil angket penerapan Metode Gallery Walk pada siklus I dihasilkan rata-rata minat belajar siswa sebesar 79,16%, meningkat 13,08% dari hasil pra siklus sebesar 66,08%. Hasil observasi minat pada siklus I adalah 83,3%. Kemudian pada siklus II metode Gallery Walk dikombinasikan lomba cerdas cermat sejarah dengan reward and punishment, hasil angket mengalami peningkatan sebesar 85,43% atau mengalami peningkatan sebesar 6,27%. Hasil observasi minat pada siklus II adalah 86,66%. Dengan demikian, penerapan Metode Gallery Walk lebih optimal jika ditambah lomba cerdas cermat sejarah dengan reward and punishment.

 

Kata kunci : Minat belajar, Metode Gallery Walk

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto