PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X PEMASARAN 1 SMK NEGERI 1 GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/2018

Dimas Yulian Rachman,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran sejarah kelas X Pemasaran 1 SMK Negeri 1 Godean TA 2017/2018 melalui penerapan model pembelajaran Team Games Tournament. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis S dan Taggart R terjadi dalam tiga siklus. Setiap siklus mencakup perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi dan wawancara. Hasil penelitian disimpulkan penerapan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pelajaran sejarah kelas X Pemasaran 1 SMK Negeri 1 Godean tahun ajaran 2017/2018. Hal ini berdasarkan hasilangket penerapan model pembelajaran TGT pada siklus I dihasilkan angket motivasi belajar siswa sebesar 66,54% meningkat 7,62% dari pra siklus sebesar 58,92. Pada siklus II penerapan model pembelajaran TGT dengan penambahan video dan permainan ular tangga dihasilkan motivasi belajar siswa sebesar 72,62% meningkat 6,12% dari siklus sebelumnya. Pada siklus III penerapan model pembelajaran TGT dengan penambahan video, ular tangga dan reward dihasilkan motivasi belajar siswa sebesar 80,09% meningkat 7,47% dari siklus sebelumnya. Penerapan model pembelajaran TGT dapat meningkatkan motivasi belajar siswa.

 

Kata Kunci: Team Games Tournament, motivasi, mata pelajaran sejarah, SMK 1 Godean


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto