HUBUNGAN ANTARA GAYA MENGAJAR GURU DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X IPS MAN 1 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2017/ 2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hubungan antara gaya mengajar guru dengan prestasi belajar sejarah; 2) hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar sejarah; 3) hubungan antara gaya mengajar guru dan motivasi belajar dengan prestasi belajar sejarah siswa kelas X IPS MAN 1 Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah metode korelasional. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 76 siswa. Penelitian ini termasuk dalam penelitian populasi, yaitu tidak ada sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan angket penelitian. Analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis regresi sedangkan untuk menguji hipotesis adalah teknik korelasi product moment dan analisis korelasi berganda Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara gaya mengajar guru dengan prestasi belajar sejarah yang ditunjukkan melalui rhitung = 0,676>rtabel = 0,227 dengan taraf signifikan 0,000<0,05; 2) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar sejarah yang ditunjukkan melalui rhitung = 0,685>0,227 dengan taraf signifikan 0,000<0,05; 3) terdapat hubungan antara gaya mengajar guru dan motivasi belajar dengan prestasi belajar sejarah yang ditunjukkan dengan harga Fhitung = 51,222>Ftabel = 3,13
Kata Kunci: gaya mengajar guru, motivasi belajar, prestasi belajar sejarah
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
RISALAH
Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah
Penanggung Jawab : Dr. Dyah Kumalasari
Pimpinan Redaksi : Dr.Aman, M.Pd
Anggota Redaksi : Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd
Admin e-Jurnal : Triyanto