AKADEMI SENI TARI INDONESIA DI YOGYAKARTA (1963-1984)

Titin Muyassaroh,

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui latar belakang pendirian ASTI Yogyakarta, (2) menganalisis sistem pendidikan di Akademi Seni Tari Indonesia di Yogyakarta tahun 1963-1984, (3) menganalisis kontribusi Akademi Seni Tari Indonesia Tari di Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian sejarah dengan mengunakan metode penelitian sejarah. Menurut Kuntowijoyo langkah-langkah penelitian sejarah terdiri dari lima langkah, yaitu: (1) pemilihan topik, (2) pengumpulan sumber, (3) kritik sumber, (4) interpretasi, (4)  penulisan sejarah. Hasil Penelitian ini menunjukan tiga hasil. Hasil penelitian yang pertama yaitu, pendidikan kesenian merupakan upaya untuk mengembangkan kebudayaan di dalam masyarakat. Pendidikan kesenian terbagi menjadi tiga bentuk yaitu informal, non-formal dan formal. Salah satu pendidikan formal seni adalah akademi. ASTI Yogyakarta merupakan akademi seni tari pertama yang berdiri pada tanggal 10 November 1963. ASTI Yogyakarta memiliki program studi Seni Tari Jawa, Komposisi Tari dan Karawitan. Hasil kedua yaitu sistem pendidikan ASTI Yogyakarta 1963-1984 mencakup tujuan, pendidik, peserta didik dan kurikulum. Hasil ketiga yaitu ASTI Yogyakarta memberikan kontribusi pada bidang pendidikan kesenian, literasi, seni budaya dan masyarakat.

 

Kata Kunci: ASTI Yogyakarta, Pendidikan, Akademi Kesenian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto