PENGEMBANGAN BUKU SAKU MATERI TEORI MASUK DAN BERKEMBANGNYA ISLAM DI INDONESIA SEBAGAI BAHAN AJAR SEJARAH SISWA SMA

Siti King Harta Lestari,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan bahan ajar buku saku sejarah siswa SMA, (2) mengetahui kelayakan buku saku sejarah pada materi teori masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia, (3) mengetahui hasil belajar siswa setelah penggunaan buku saku sejarah. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan bercermin pada model 10 tahapan Borg dan Gall yang dalam penelitian ini hanya menerapkan 6 tahapan. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini adalah (1) Pengembangan produk penelitian ini menghasilkan bahan ajar buku saku sejarah siswa SMA berukuran 9 x 12 cm yang memuat materi teori masuk dan berkembangnya Islam di Indonesia; (2) Kelayakan yang diperoleh dari pengembangan buku saku sejarah adalah 78% oleh ahli media dengan kriteria layak dan 81,6% oleh ahli materi dengan kriteria sangat layak. Sedangkan untuk penilaian dari responden adalah 88,5% oleh guru dengan kriteria sangat layak dan 88,5% oleh siswa dengan kriteria sangat layak. (3) Penggunaan buku saku sejarah pada proses pembelajaran mendapatkan hasil pretest 33,54 menjadi 70,64 untuk nilai postest. Menurut peningkatan hasil normalized gain, maka peningkatan hasil belajar siswa adalah 0,55 dengan kriteria sedang.

 

Kata Kunci: bahan ajar, buku saku, research and development.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto