PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK SEJARAH TENTANG SEJARAH KERAJAAN MATARAM KUNO PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KELAS X SEMESTER I

Rini Riris Setyowati,

Abstract


Penelitian dan pengembangan (Research & Development) media pembelajaran ini diadaptasi dari model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini melibatkan ahli materi, ahli media, guru, dan siswa. Instrumen yang digunakan dalam mengambil data penilaian terhadap kelayakan produk komik yang dihasilkan dalam penelitian ini melalui angket. Data yang diperoleh dari angket kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kelayakan media Komik Sejarah tentang Sejarah Kerajaan Mataram Kuno Pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas X Semester I berdasarkan penilaian dari: 1) Ahli Materi diperoleh rata-rata 4,82 dengan kategori sangat layak, 2) Ahli Media diperoleh rata-rata 4,80 dengan kategori sangat layak, 3) Guru Mata Pelajaran Sejarah diperoleh rata-rata 4,87 dengan kategori sangat layak, 4) Siswa diperoleh rata-rata 4,85 dengan kategori sangat layak. Sesuai implementasi serta penilaian tersebut, media komik yang dikembangkan dinilai efektif dan sangat layak digunakan pada materi Sejarah Kerajaan Mataram Kuno, diperkuat dengan respon siswa di kelas, analisis data kuantitatif dari angket, serta analisis data kualitatif dari wawancara dengan guru dan siswa di sekolah.

 

Kata kunci: Media pembelajaran, Komik Sejarah, Kerajaan Mataram Kuno.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto