HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X MIPA SMA N 1 JETIS BANTUL TAHUN AJARAN 2017/ 2018

Meilana Nur Aini,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar sejarah siswa kelas X MIPA (2) hubungan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar sejarah siswa kelas X MIPA  (3) hubungan antara minat belajar dan fasilitas belajar dengan hasil belajar sejarah siswa kelas X MIPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa, dimana rhitung sebesar 0,417, sedangkan rtabel sebesar 0,195 dengan N=110 pada taraf signifikansi 5% jadi rhitung lebih besar dari rtabel (0,417>0,195), 2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar siswa, dimana rhitung sebesar 0,652, sedangkan rtabel sebesar 0,195 dengan N=110 pada taraf signifikansi 5%, jadi rhitung lebih besar dari rtabel (0,652>0,195), 3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan fasilitas belajar dengan hasil belajar siswa, dimana Fhitung sebesar 34,680, sedangkan Ftabel sebesar 3,08 dengan N=110 pada taraf signifikansi 5% jadi Fhitung lebih besar dari Ftabel34,680>3,08).

 

Kata Kunci: Minat, Fasilitas, Hasil Belajar


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto