HUBUNGAN ANTARA MINAT BELAJAR DAN FASILITAS BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X MIPA SMA N 1 JETIS BANTUL TAHUN AJARAN 2017/ 2018
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar sejarah siswa kelas X MIPA (2) hubungan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar sejarah siswa kelas X MIPA (3) hubungan antara minat belajar dan fasilitas belajar dengan hasil belajar sejarah siswa kelas X MIPA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasional. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa, dimana rhitung sebesar 0,417, sedangkan rtabel sebesar 0,195 dengan N=110 pada taraf signifikansi 5% jadi rhitung lebih besar dari rtabel (0,417>0,195), 2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara fasilitas belajar dengan hasil belajar siswa, dimana rhitung sebesar 0,652, sedangkan rtabel sebesar 0,195 dengan N=110 pada taraf signifikansi 5%, jadi rhitung lebih besar dari rtabel (0,652>0,195), 3) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar dan fasilitas belajar dengan hasil belajar siswa, dimana Fhitung sebesar 34,680, sedangkan Ftabel sebesar 3,08 dengan N=110 pada taraf signifikansi 5% jadi Fhitung lebih besar dari Ftabel34,680>3,08).
Kata Kunci: Minat, Fasilitas, Hasil Belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
RISALAH
Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah
Penanggung Jawab : Dr. Dyah Kumalasari
Pimpinan Redaksi : Dr.Aman, M.Pd
Anggota Redaksi : Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd
Admin e-Jurnal : Triyanto