IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X L MA SUNAN PANDANARAN SLEMAN

Ahmad Shohibi,

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana meningkatkan minat belajar sejarah siswa kelas X L MA Sunan Pandanaran Sleman melalui metode pembelajaran Student Facilitator and Explaining, kelebihan dan kendala dalam penerapan metode tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas terjadi dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengambilan data melalui observasi, angket dan dokumentasi. Validitas data dalam penelitian ini adalah triangulasi metode dan sumber, sedangkan analisis data penelitian menggunakan analisis data kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) penerapan metode Pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat meningkatkan minat belajar sejarah siswa, khusus pada siklus II dipadukan dengan kartu emoji pembelajaran lebih optimal dan (2) kelebihan metode pembelajaran Student Facilitator and Explaining adalah siswa bersemangat dan senang mengikuti pembelajaran sejarah dan mampu menyampaikan pendapat, sedangkan kendala implementasi pembelajaran Student Facilitator and Explaining adalah siswa membutuhkan waktu lama untuk membuat model/ bagan materi dan membutuhkan kreatifitas berpendapat siswa.

 

Kata kunci: minat belajar, Student Facilitator and Explaining, pembelajaran sejarah.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


RISALAH

Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah

Penanggung Jawab     :  Dr. Dyah Kumalasari

Pimpinan Redaksi       :  Dr.Aman, M.Pd

Anggota Redaksi        :  Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd

Admin e-Jurnal            : Triyanto