Penerapan Model Pembelajaran Teknik Jigsaw untuk Meningkatkan Minat Belajar Sejarah SMA Kelas XI IPS 1
Abstract
Pembelajaran sejarah yang hanya berpusat pada guru dan bersifat satu arah sangat berpengaruh terhadap rendahnya minat belajar siswa, sehingga perlu dilakukan perubahan pembelajaran. Tujuan yang mendasari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw untuk meningkatkan minat belajar sejarah siswa kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 2 Wates. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif yang terjadi dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui observasi, wawancara dan angket minat belajar. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik triangulasi sumber dan metode. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif teknik Jigsaw yang kemudian dikolaborasikan dengan pemberian hadiah menjadi lebih efektif dalam meningkatkan minat belajar sejarah siswa.Pada siklus I minat siswa mengalami peningkatan dari 58,88% menjadi 69,64% atau mengalami peningkatan sebesar 10,76%. Pada siklus II dengan penambahan perlakuan pemberian hadiah minat siswa mengalami peningkatan menjadi 76,35% atau mengalami peningkatan sebesar 6,71%. Kekurangan yang dihadapi yaitu kondisi kelas masih sedikit ramai dan membutuhkan waktu banyak dalam penerapan model Jigsaw. Kelebihan penerapan model Jigsaw yaitu siswa sangat berperan aktif dan mau berpartisipasi dalam pembelajaran, serta bertanggung jawab atas penugasan-penugasan yang ada.
Kata Kunci: Model, Pembelajaran, Jigsaw, Minat, Belajar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
RISALAH
Jurnal Elektronik Mahasiswa Prodi Pendidikan Sejarah Berisi artikel skripsi mahasiswa S1 Pendidikan Sejarah
Penanggung Jawab : Dr. Dyah Kumalasari
Pimpinan Redaksi : Dr.Aman, M.Pd
Anggota Redaksi : Alifi Nur Prasetio N. , M.Pd
Admin e-Jurnal : Triyanto