EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL PRAKTIKUM MATA PELAJARAN PEMROGRAMAN WEB SISWA KBLAS X SMK MUHAMMADIYAH l BANTUL

Wulantika Arini Arini, , Indonesia

Abstract


Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perbedaan hasil belajar pemrograman web yang
pembelajarannya menggunakan metode contextual teaching and learning dengan siswa yang pembelajarannya
menggunakan metode konvensional kelas X jurusan rekayasa perangkat lunak di SMK Muhammadiyah 1 Bantul;
(2) efektivitas model pembelajaran contextual teaching and learning terhadap hasil belajar pemrograman web
siswa kelgs X jurysan rekayasa perangkat lunak di SMK Muhammadiyah 1 Bantul.Metode penelitian yang
digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Desain eksperimen yang dipakai adalah desain dengan
kelompok kontrol menggunakan pretest dan posttest, dilakukan pada siswa kelas X jurusan rekayasa perangkat
lunak di SMK Muhammadiyah 1 Bantul yaitu kelas X RPL 1 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen
dan kelas X RPL 2 yang berjumlah 34 siswa sebagai kelas kontrol. Kelompok eksperimen diberikan perlakuan
pembelajaran menggunakan metode Contextual Teaching and Learning (CTL) dan kelompok kontrol
menggunakan metode konvensional pada mata pelajaran pemrograman web. Teknik analisis data yang digunakan
adalah uji beda (uji-t) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan uji N-gain untuk mengetahui tingkat
efektivitas.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat perbedaan hasil belajar siswa jurusan rekayasa
perangkat lunak pada mala pelajaran pemrcgraman web di SMK Muhammadiyah 1 Bantul anlara kelompok
eksperimen dan kelompok kontrol dengan perolehan rata-rata hasil belajar posttest kelas eksperimen sebesar 74,1
dan kelas kontrol sebesar 59,3 hasil ini juga didukung hasil perhitungan ujit menghasilkan nilai signifikansi
sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 sehingga keputusannya adalah Ho ditolak dan Ha diterima; (2) pembelajaran
dengan menggunakan CTL cukup efektif digunakan kelas X jurusan rekayasa perangkat lunak dalam mata
pelajaran pemrograman web di SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Hal ini terbukti dari perolehan rata-rata skor Ngain,
yaitu sebesar S7%ountukkelas eksperimen yang termasuk dalam kategori cukup efektif.
Kata Kunci: perbedaan, hasil beLajar, efektivitas, contextual teaching and learning (CTL), pemrograman
web.

Abstract
This research aims to describe: (1) dffirences in learning outcomes of web programming from using
contextual teaching and learning method to using the conventional'method at Class X of Software Engineering
Department at SMK Muhammadiyah I Bantul; (2) the effectivenesso f contextual learning teaching and learning in
the learning outcomes of web programming at Class X of Sofnuare Engineering Department at SMK
Muhammadiyah I Bantul. The method used in this research is experimental method. Experimental design used is a
design with a control group using a pretest and post-test, performed at Class X RPL I consisting of 30 students as
an experimental class and Class X RPL 2 consisting of 34 students as control class. The experimental group was
given treatment using a method of learning Contextual Teaching and Learning (CfD and the control group using
conventional method in the Web Programming subject. Data analysis technique used is a dffirent test (t-test) to
determine dffirences in learning outcomes and N-gain test to determine the level of effectiveness. The results
show; (t) there are dffirences in learning outcomes from Class X of Sofnvare Engineering Department at SMK
Muhammadiyah I Bantul between experimental group and control group with the aver(tge of 74.1 from
experimental post-test and 59.3 of control post-test. This result is also supported by the result of t-test which
produces significant score of 0.000 value less than 0.05, thus the conclusion is Ho rejected and Ha accepted; (2)
learning process by using CTL is effective to be used at Class X of Software Engineering Department at SMK
Muhammadiyah I Bantul. It is provedfrom the acquisition of the average score of N-gain, i.e., by 5Tokfor the
experimental group which is in the category of quite ffictive.
Keywords: dffirences, Iearning outcomes,e ffectistenessc,o ntextual teaching and learning (CTL), web
programming


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.21831/e-jpti.v5i5.4728

Refbacks

  • There are currently no refbacks.